Dinas Dukcapil Bantu Percepat Urus Dokumen Adminduk Warga Parbuluan I

21 Sep 2021     278

Sidikalang (Dukcapil Dairi) - Kepemilikan identitas diri seperti Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) menjadi hal yang penting dan mutlak diperlukan untuk mendapatkan pelayanan dasar seperti pelayanan kesehatan, mendapat bantuan sosial dan lainnya dari Pemerintah. Hal ini dirasakan pasangan suami isteri Rahmat Sihombing dan Nurhayati Manik dalam mendapatkan pelayanan kesehatan terhadap anak keduanya, Juanda Sihombing yang saat ini sedang sakit. Demikian penjelasan Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si diruang kerjanya Jl. Pandu Kelurahan Bintang Hulu Sidikalang, Senin (20/9).

"Kami mendapat informasi dari Jurnalis Media Berantas Kriminal Martalena Manik, sedang viral di media sosial seorang anak bernama Juanda Sihombing sangat membutuhkan pertolongan pengobatan. Melalui media sosial tersebut juga dijelaskan bahwa dokumen kependudukan tidak lengkap sehingga penanganan cepat dalam pengurusannya," ungkap Kadis Dukcapil.

Berdasarkan fotocopy Kartu Keluarga (KK) yang dibawa jurnalis tersebut, kami langsung cek KK tersebut. Melalui aplikasi konsolidasi data, diperoleh dinformasi bahwa dokumen kependudukan keluarga Rahmat Sihombing merupakan warga Desa Pemayungan Kecamatan Sumay Kabupaten Tebo Provinsi Jambi.

"Sekaitan pelayanan berasaskan domisili, kami langsung memproses permohonan pindah domisili dari Kabupaten Tebo Provinsi Jambi ke Kabupaten Dairi dan pada hari itu juga berhasil dipindahkan menjadi warga Desa Parbuluan I Kecamatan Parbuluan," ujarnya.

Setelah berhasil dipindahkan, kami langsung mencetak KK dan KTP-el suami isteri dan pada waktu bersamaan dilakukan perekaman biometrik kepada anak pertama dan kedua Rosadina br sihombing dan juanda sihombing untuk memperoleh KTP-el karena telah berusia diatas 17 tahun. KK dan KTP-el tersebut dicetak dan diserahkan di Kantor Camat Parbuluan.

Pada saat ini, pelayanan dokumen kependudukan sudah dapat dilakukan diseluruh Kantor Camat se-Dairi dengan fasilitas cetak KTP-el di 8 Kecamatan, salah satunya di Kecamatan Parbuluan, sehingga melalui pelayanan ini, pemenuhan kebutuhan adminduk seluruh warga Dairi dapat lebih cepat lagi.

Sementara itu, Jurnalis Media Berantas Kriminal Martalena Manik mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas cepatnya pelayanan Dinas Dukcapil Dairi dalam membantu menerbitkan dokumen kependudukan warga yang saat ini sangat membutuhkan pertolongan medis.

"Semoga melalui kelengkapan dokumen KK dan KTP-el yang telah diterima keluarganya menjadi solusi memperoleh pengobatan bagi kesehatan anaknya yang sangat membutuhkan penanganan yang cepat dan saat ini sudah ditangani RSUD Sidikalang," katanya melalui komunikasi Whatsapp.

Dokumen adminduk langsung diserahkan Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si melalui Staf TPDK Kecamatan Parbuluan Abner Siburian dan Ana Sinambela kepada Keluarga Rahmat Sihombing yang diterima Isteri Nurhayati Manik di ruang pelayanan TPDK Parbuluan.




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB