Sosialisasi Program Tuntas Dokumen Kependudukan Hadir di Desa Bintang dan Bintang Mersada Sidikalang

21 Feb 2022     535

Sidikalang-Dalam dua minggu ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi melakukan roadshow ke Desa-Desa memberikan sosialisasi percepatan penuntasan dokumen kependudukan yang dihadiri Kepala Desa (Kades), Sekretaris Desa (Sekdes), perangkat desa termasuk seluruh Kepala Dusun (Kadus) pada seluruh desa yang dikunjungi.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya menjalankan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi dikepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu untuk wujudkan Dairi Unggul melalui penuntasan seluruh dokumen warga.

Demikian paparan Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si dihadapan Kades, Sekda dan seluruh perangkat Desa Bintang dan Desa Bintan Mersada diwaktu dan dilokasi yang berbeda, dihari yang sama, Senin (21/02).
"Desa yang telah mendapat program ini seperti Desa Lao Bagot Kecamatan Tigalingga, Desa Pangaribuan, Desa Sigambir-Gambir, Desa Bakal Julu Kecamatan Siempat Nempu Hulu, Desa Perjuangan Kecamatan Sumbul dan hari ini di Desa Bintang dan Desa Bintang Mersada di Kecamatan Sidikalang. Kami memberikan pelayanan prioritas kepada desa ini agar sebelum tahun 2022, seluruh warga memiliki seluruh dokumen kependudukannya," jelasnya

Kepemilikan dokumen kependudukan bagi seluruh warga merupakan bagian pemenuhan hak-hak konstitusionalnya sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Melalui program ini, warga mengurus dokumennya tidak lagi berdasarkan kebutuhan, akan tetapi menjadi hak seluruh warga untuk memiliki seluruh dokumen kependudukan yang seharusnya mereka miliki.

Dokumen kependudukan yang wajib dimiliki warga seperti Kartu Keluarga (KK), KTP-el, KIA bagi anak-anak dibawah 17 tahun kebawah, Akta kelahiran, Akta Perkawinan dan Akta Kematian apabila ada keluarga di KK tersebut telah meninggal dunia.
"Selain itu, apabila ditemukan warga yang telah lama berdomisili di Desa ini tapi KK dan KTP-el dari luar daerah, Dinas Dukcapil siap membantu mendapatkan Surat Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia (SKPWNI)nya. Warga tersebut Tidak perlu pergi/kembali kedaerah asalnya untuk mengurus SKPWNInya," terang Kadis Dukcapil.

Sementara Kades Bintang Aladin Sinaga dalam sambutannya menyambut gembira atas program penuntasan dokumen adminduk terhadap warganya dan siap mendukung mewujudkan Dairi Unggul.
"Kami menyadari sampai saat ini masih banyak warga kami belum memiliki dokumen kependudukan yang lengkap sehingga berharap melalui program ini dapat membantu menuntaskan 100 persen dokumen adminduknya. Wujud komitmen kami, secara kontinu akan mengevaluasi progres yang dilakukan seluruh kadus untuk mengumpulkan seluruh dokumen pendukung dalam mengurus dokumen kependudukan yang belum lengkap," tutur Kades Bintang dihadapan Sekdesnya Chaens Sihombing dan seluruh jajarannya.

Hal senada juga dikatakan Kades Bintang Mersada Uswatun Bintang dalam sambutannya bahwa Desanya sangat mendukung program ini dan akan menindaklanjutinya dengan turun langsung ke rumah-rumah warga untuk mendata, mengidentifikasi dan mengumpulkan seluruh dokumen yang diperlukan dalam memenuhi persyarakatan yang diminta.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, seluruh pejabat fungsional Dinas Dukcapil Dairi Nurdingse Simbolon, Listra Sumihar pasaribu, SE, Jenta Sinaga, Yohanna Pratedina Ketaren, Rosline Munte, secara bergantian memberikan penjelasan secara mendetail persyaratan dokumen kependudukan yang perlu dilengkapi kepada seluruh peserta sosialisasi yang hadir.

Diakhir kegiatan tersebut, dilokasi yang berbeda, Kadis Dukcapil Dairi beserta pejabat fungsional yang ikut bersama Kades, Sekdes dan seluruh perangkat desa berfoto bersama di depan Kantor Desa masing-masing.


Berita ini juga dapat dibaca di: https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=280162737564163&id=100067113165768?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB