Kegiatan Sosialisasi Tuntas Adminduk Dinas Dukcapil Dairi Kunjungi Desa Parbuluan III

01 Mar 2022     410

Parbuluan III-Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi melakukan kegiatan sosialiasi penuntasan dokumen Adminidtrasi Kependudukan (Adminduk) di Desa Parbuluan III Kecamatan Parbuluan, Senin (01/03).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Parbuluan III Pongat J. Pandiangan yang diwakili Sekdes Epamariani Sinaga, Kasi Pemerintahan Nainggolan, seluruh perangkat dan Kepala Dusun (Kadus) Desa Parbuluan III. Sedangkan dari Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si didampingi Pejabat Fungsional Dinas Dukcapil Nurdingse Simbolon, Rosline Munte, Jenta Sinaga, Yohanna Pratedina Ketaren, SE, Listra Sumihar Pasaribu, SE, staf Tigor Effeddi Sitorus, S.Kom.

Dalam paparannya,Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si menyampaikan judul, Wujudkan Dairi Unggul melalui Penuntasan Administrasi Kependudukan khususnya di Desa Parbuluan III.
"Kedatangan kami kesini bukan kali pertama, akan tetapi pada tahun lalu Dinas Dukcapil telah hadir ditengah-tengah warga melalui kegiatan pelayanan Jemput bola atau dikenal dengan pelayanan jempol. Kami memberikan pelayanan pengurusan seluruh dokumen kependudukan kepada seluruh warga Desa Parbuluan III dengan antusias warga sangat tinggi terbukti kehadiran warga sangat banyak," ungkapnya dihadapan seluruh perangkat desa dan kadus yang hadir.

Kedatangan warga ke Kantor Desa kemarin dalam layanan jempol secara umum bukan untuk memenuhi kelengkapan dokumen kependudukannya akan tetapi karena ada suatu keperluan warga tersebut seperti untuk mendapatkan bantuan sosial, mendaftarkan anak sekolah, mau pergi merantau mengurus KTP dan lain sebagainya.
"Perlu diketahui bersama bahwa urusan dokumen kependudukan merupakan salah satu pemenuhan hak-hak konstitusional seluruh warga Indonesia. Oleh karena itu diharapkan seluruh aparatur pemerintah harus memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada seluruh warganya. Dalam memberikan layanan tersebut, Dinas Dukcapil Dairi akan memberikan data-data penduduk yang bermasalah seperti belum rekam KTP-el (flag K), data ganda, yang belum memiliki akta lahir dan akta kawin. Berdasarkan data inilah, kita bergerak untuk menelururi keberada warga tersebut," tutur Kadis.
Lebih lanjut dia mengatakan perlu dilakukan pendataan dan pengecek langsung kerumah-rumah warga untuk melihat secara langsung dokumen kependudukan yang sudah ada maupun yang belum ada sehingga dokumen kependudukan seluruh Warga Desa Parbuluan dapat tuntas.

Kepala Desa Parbuluan III Pongat J. Pandiangan yang diwakili Sekdes Epamariani Sinaga menyambut gembira kedatangan Dinas Dukcapil ke Desa Parbuluan III dalam memberikan edukasi kepada seluruh perangkat desa.
"Kehadiran Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Dukcapil Dairi ke Desa kami ini sangat kami apresiasi. Kami sangat mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Dairi Unggul khususnya dalam menuntaskan seluruh dokumen adminduk Desa Parbuluan III," katanya dengan senyum.

Sebelum ditutup, kegiatan dilanjutkan penjelasan pengisian formulir permohonan dokumen kependudukan dan berakhir dengan foto bersama didepan Kantor Desa Parbuluan III.

Berita ini juga dapat dibaca di: https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=285292453717858&id=100067113165768?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB