Program Tuntas Dokumen Adminduk Hadir Di Desa Lae Hole

11 Apr 2022     382

Lae Hole-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi secara berkelanjutan dan berkesinambungan terus turun ke desa-desa untuk mendukung keberhasilan program tuntas dokumen administrasi kependudukan (adminduk) bagi seluruh Warga Dairi yang merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten Dairi dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam menuntaskan seluruh dokumen warga.

Demikian paparan yang disampaikan Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si dihadapan Kepala Desa (Kades) Lae Hole Tumpak Sitohang, Sekretaris Desa (Sekdes) Fridman Sitohang, para perangkat desa termasuk 5 Kepala Dusun yang dilaksanakan di Kantor Desa Lae Hole Kecamatan Parbuluan, Senin (11/04).

"Untuk mewujudkan Dairi Unggul, pelayanan penuntasan adminduk terus digiatkan dan lebih ditingkatkan melalui pelayanan door to door. Maksud dari pelayanan ini, seluruh perangkat dan kepala dusun langsung melakukan kunjungan kerumah-rumah warga untuk mengecek dan memeriksa kelengkapan dokumen kependudukan warga yang belum beres atau belum lengkap," katanya dalam pertemuan tersebut.

Sebelumnya, Dinas Dukcapil telah melakukan pelayanan Jemput Bola atau dikenal dengan pelayanan jempol dokumen adminduk di desa ini pada bulan nopember 2020 yang lalu. Hasil dari pelayanan tersebut sudah baik hanya belum maksimal. Diharapkan melalui pelayanan tersebut, seluruh masyarakat berbondong-bondong mengurus dan melengkapi dokumen kependudukan. Alhasil, berdasarkan data kami, masih banyak warga belum tuntas dokumennya.

"Kita berharap melalui pertemuan ini, kami memberikan pemahaman dan penjelasan terkait jenis-jenis dokumen, persyarakatan dan beberapa regulasi kemudahan untuk memberikan pelayanan cepat dan tepat kepada seluruh warga. Kami juga memberikan data penduduk yang bermasalah seperti data ganda, data penduduk yang belum rekam KTP-el (flag K) dan data penduduk yang belum memiliki akta lahir dan akta kawin," ucap Kadis.

Sementara itu, Kades Lae Hole Tumpak Sitohang dalam sambutan selamat datangnya mengatakan mendukung program yang dilaksanakan Dinas Dukcapil dalam menuntaskan dokumen warganya.

"Kami siap melaksanakan seluruh petunjuk dan saran-saran yang disampaikan Dinas Dukcapil untuk memberikan pelayanan terbaik bagi warga kami. Semoga kegiatan yang dilaksanakan hari ini dapat bermanfaat bagi kami semua terutama dalam menuntaskan seluruh dokumen warga kami," tutur Kades dalam sambutannya.

Disela-sela kegiatan tersebut, Pejabat Fungsional Dinas Dukcapil menjelaskan seluruh persyaratan pengurusan dokumen kependudukan dan cara pengisian formulir sebagai salah satu syarat permohonan. Sebelum meninggalkan lokasi tersebut, dilakukan sesi foto bersama di Kantor Desa tersebut.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=310902041156899&id=100067113165768?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB