Lau Pakpak-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi melaksanakan kegiatan sosialisasi tuntas dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Desa Lau Pakpak Kecamatan Tigalingga, Jumat (21/07).
Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan sosialisasi tersebut adalah Kepala Dinas Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si, Pejabat Fungsional Dukcapil Listra Pasaribu, SE, Yohanna Pratedina Ketaren, Hetty Sitorus, SH, MAP dan staf arwadi Simanullang.
Sedangkan peserta sosialiasi yang hadir Kepala Desa (Kades) Lau Pakpak Manapar P. Malau, Sekretaris Desa, Kaur, Kasi dan Kepala Dusun Desa Lau Pakpak.
Dalam sambutannya, Kades Lau Pakpak Manapar P. Malau mengatakan sangat menyambut baik kegiatan sosialisasi untuk menambah pengetahuan seluruh perangkat desa mengetahui pengurusan dokumen kependudukan.
"Kedatangan Dinas Dukcapil mengunjungi Desa kita merupakan kesempatan yang sangat langkah. Oleh karena itu, perlu kesungguhan dan keseriusan seluruh perangkat dalam mengikuti kegiatan sosialisasi ini. Hasil dari kegiatan ini dapat bermanfaat dalam membantu warga dalam pengurusan dokumen adminduk,"tutur Kades kepada seluruh jajarannya dengan penuh semangat sambil membuka kegiatan tersebut.
Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si dalam penjelasannya mengatakan kedatangannya ke Desa Lau Pakpak untuk memberikan pengertian dan pemahaman bagi seluruh aparat desa terkait pengurusan dokumen adminduk.
"Pengurusan dokumen adminduk saat ini sudah sangat mudah dan sudah dekat dengan warga. Terbukti dengan penerapan layanan perkebbas di Desa ini. Selain itu, pelayanan di Kantor Camat Tigalingga juga sudah dapat memberikan seluruh layanan dokumen adminduk sehingga benar-benar sudah semakin dekat, tidak perlu mengurus dokumen kependudukan di Dinas Dukcapil yang berada di Sidikalang,"ungkap Kadis.
Ia juga mengatakan bahwa dokumen adminduk merupakan dokumen yang sangat penting saat ini. Tanpa KTP-el, KK dan dokumen kependudukan lainnya, setiap warga akan mengalami kesulitan dalam urusan pribadi maupun mendapatkan layanan pemerintah. Oleh karena itu, perlu dilakukan pelayanan-pelayanan jemput bola kerumah-rumah warga untuk memastikan seluruh dokumennya telah lengkap.
"Pemerintah Kabupaten Dairi dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam mewujudkan Dairi Unggul terus bekerja keras dalam meningkatkan pelayanan prima kepada warga seperti melakukan kerjasama dengan seluruh Desa/Kelurahan dan instansi lain seperti RSUD Sidikalang, Puskesmas, Kantor Urusan Agama (KUA), sekolah, gereja-gereja agar seluruh warga dapat memperoleh hak-hak konstitusionalnya,"katanya.
Permasalahan dan kendala yang secara umum yang sering ditemui seperti kurang keterbukaan proses layanan, birokrasi terkenan kaku, adanya diskriminasi, ketidaktepatan waktu pelayanan, ribet, berbelit-belit dan geografis yang berbukit-bukit menjadi permasalahan pelayanan adminduk selama ini. Seluruh permasalahan ini menjadi upaya Dinas Dukcapil Dairi melakukan pembenahan dan perbaikan untuk mewujudkan pelayanan lebih cepat, lebih mudah, transparan dan akuntabel.
Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0fdJmxajA1vgjBetTsoU3EWERdKbuehQA5yHQXKquVX2gXdwPov...