Dinas Dukcapil Dairi Sukses Laksanakan Layanan Jempol Adminduk di Desa Parbuluan I Kecamatan Parbuluan

10 Aug 2023     283

Parbuluan I-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi sukses melaksanakan pelayanan jemput bola (jempol) dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Desa Parbuluan I Kecamatan Parbuluan, bertempat di Aula Desa Parbuluan I, Selasa (08/08).

Pelayanan tersebut dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan reses ke II Anggota DPRD Kabupaten Dairi di desa tersebut.

Empat orang Anggota DPRD Dairi yang hadir dalam kegiatan reses di Desa Parbuluan I, Ir. Togar Pasaribu, Manat Sigalingging, S.Pd, Markus Sinaga dan Ridwan H Sagala. Selain itu, hadir juga dalam kegiatan reses tersebut Kadis Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si, Camat Parbuluan Saut MT Sinaga, Kepala Desa (Kades) Parbuluan I Parihotan Sinaga, dan perwakilan dari beberapa OPD seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, dan Dinas Pertanian.

Kades Parbuluan I Parihotan Sinaga mengucapkan terimakasih atas kehadiran beberapa Anggota DPRD Dairi dalam melaksanakan kegiatan reses ke II di Desa Parbuluan I.

"Kehadiran anggota DPRD Dairi saat ini dapat kita manfaatkan untuk menyampaikan hal-hal yang penting untuk pembangunan di Desa Parbuluan I. Selain itu, dalam rangkaian reses ini, hadir juga pelayanan Jemput Bola pengurusan dokumen kependudukan untuk kita pergunakan dalam melengkapi dokumen kependudukan. Atas kedatangan dukcapil ini, kami ucapkan terimakasih,"ujar Kades kepada warganya yang hadir di aula Desa.

Anggota DPRD Dairi Ir. Togar Pasaribu dalam sambutannya mengatakan bahwa kehadirannya bersama beberapa anggota DPRD ke Desa Parbuluan I adalah untuk langsung bertemu dan mendengar langsung seluruh aspirasi dari masyarakat untuk mendukung kemajuan desa.

"Dalam reses ini, kami hadir dengan beberapa instansi untuk menyerap aspirasi Warga Parbuluan I dan bersamaan kegiatan ini, kami hadirkan juga pelayanan dukcapil untuk membantu Warga Parbuluan I dalam menyelesaikan dokumen adminduknya. Semoga layanan yang hadir ini dapat membantu seluruh warga,"tutur Togar.

Sementara itu, dalam penjelasannya dihadapan Warga Desa Parbuluan I bahwa pelayanan Dinas Dukcapil Dairi terus berbenah dalam meningkatkan pelayanan kepada seluruh warga. Hal ini terbukti melalui berbagai pelayanan yang dilakukan seperti tersedianya pelayanan di Kantor Camat, di kantor Desa, pelayanan jemput bola ke Desa-Desa, penyerahan akta perkawinan di Gereja-gereja, penyerahan akta kelahiran pasca bersalin di RSUD Sidikalang dan di seluruh Puskesmas Se-Dairi.

"Pelayanan dukcapil sudah semakin dekat dengan warga. Melalui layanan perkebbas atau pelayanan adminduk secara online ini, kantor-kantor Desa se-Dairi telah dapat menerbitkan dokumen adminduk sehingga warga terbantu dengan hadirnya layanan di kantor desa. Oleh karena itu, diharapkan komitmen kepala desa untuk tetap mengawal berjalannya pelayanan ini,"ucap Kadis dihadapan seluruh warga Parbuluan I.

Kadis juga mengajak seluruh warga untuk memaksimal pelayanan yang dilaksanakan hari ini karena pelayanan yang diberikan sangat lengkap seperti rekam dan cetak KTP-el, pengurusan Kartu Keluarga baru atau perubahan, SKPWNI, KIA, akta lahir, akta perkawinan dan akta kematian. Seluruh dokumen yang diajukan akan diselesaikan juga pada hari ini.

Acara dilanjut dengan sesi tanya jawab masyarakat, Anggota DPRD, OPD yang hadir, dipandu Camat Parbuluan. Sebelum acara ditutup, Anggota DPRD Dairi, Kadis Dukcapil Dairi, Camat Parbuluan dan Kades Parbuluan I menyerahkan dokumen adminduk secara simbolis kepada warga Parbuluan I, yakni Kartu Keluarga kepada Barnesia Arnoldy Sagala, Akta kawin kepada keluarga Agus Limas Sihombing dengan Marianta Siregar dan Lasboi Sitanggang dengan Santi Manik.

Selanjutnya akta lahir diserahkan kepada Ronal Predi Berutu, KTP-el kepada Rolasto Situmorang, Ester Sinaga dan Rolina Sinaga, terakhir KIA diserahkan kepada Hotmaria Situmorang.

Hasil dari pelayanan jemput bola di Desa Parbuluan I, 33 Kartu Keluarga (KK), 24 KTP-el, 32 KIA, 59 Akta Lahir, 23 Akta Kawin dan 3 SKPWNI.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0Pm1CwaZtdi1SGewDWBwzP2HuVLPpQE9wSQKWvBMaNdjJgD5jnS...




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



NILAI SKM



SP4N-LAPOR!