Puskesmas Batang Beruh Sukses Laksanakan Skrining PTM Di Dinas Dukcapil Dairi

18 Sep 2023     151

Sidikalang-UPT. Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Batang Beruh sukses melaksanakan skrining Penyakit Tidak Menular (PTM) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi, Jumat (15/09).

Kegiatan tersebut menyasar seluruh pegawai Dinas Dukcapil Dairi yang berusia usia 15-59 tahun. Sebelum dilakukan pemeriksaan kesehatan, kegiatan diawali dengan senam zumba bersama seluruh pegawai.

Demikian disampaikan Kepala UPT. Puskesmas Batang Beruh dr. Eva Sinulingga yang ditemui diruang konsultasi Dinas Dukcapil Dairi.

"Pelayanan ini kami lakukan bertujuan untuk mengskrining penyakit yang yang masuk dalam kategori Penyakit Tidak Menular (PTM) yang diharapkan dapat melakukan pencegahan lebih awal. Kegiatan ini secara rutin kami laksanakan dan hari ini hadir di Dinas Dukcapil Dairi dan juga di Dinas Kesehatan Dairi,"jelasnya dengan senyum.

Dokter Eva juga menjelaskan bahwa skrining yang dilakukan seperti pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar pinggang dan pengukuran tensi. Selanjutnya dilakukan pengecekan gula darah, kolesterol dan asam urat.

"Melalui hasil pemeriksaan ini, seluruh pegawai dapat melakukan pencegahan untuk mengantisipasi penyakit yang akan datang. Selain itu, perlunya pola hidup sehat seperti makan-makan yang bergizi, mengurangi makanan yang mengandung kolesterol, rajin berolahraga, tidak stres, cukup beristirahat menjadi hal-hal yang perlu menjadi perhatian untuk hidup lebih sehat,"tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si mengatakan sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan UPT. Puskesmas Batang Beruh untuk skrining Penyakit Tidak Menular (PTM) di Dinas Dukcapil Dairi.

"Untuk dapat memberikan pelayanan prima kepada warga, sangat diperlukan pegawai yang sehat, cerdas dan bugar, sehingga melalui kegiatan yang dilakukan Puskesmas Batang Beruh setiap pegawai dapat mengetahui kondisi kesehatannya masing-masing,"ungkap Kadis.

Deddy juga berharap agar pelayanan ini dapat rutin dilaksanakan diunit kerjanya setiap tahunnya sebagai salah satu dukungan dalam terwujudnya Dairi Unggul yang menyejahterakan seluruh masyarakat dalam harmoni keberagaman.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid05TBCZbQBxXQhcWbEuYq1X96huYfsTKc81nLEfL2JTMqicRnLyc...




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB