Jaga Kualitas Layanan, Kadis Dukcapil Pimpin Rapat Dengan Petugas Layanan

14 Aug 2024     211

Sidikalang-Untuk menjaga kualitas layanan yang diberikan kepada warga, secara kontinu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapi) Kabupaten Dairi rutin melaksanakan rapat dengan petugas layanan yang memberikan pelayanan secara langsung kepada masyarakat.

"Kita harus tetap menjaga kualitas layanan melalui sikap, perbuatan dan cara kita dalam memberikan pelayanan terbaik bagi warga. Hindari sikap-sikap yang negatif dalam melayani warga. Berikan pelayanan cepat, tepat dan tuntas kepada seluruh warga sesuai dengan standar pelayanan, SOP, etika dan regulasi yang berlaku", ujar Kadis Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si dengan penuh semangat kepada seluruh petugas layanan.

Kedisplinan harus tetap dijaga dan diperhatikan baik kehadiran kekantor, mengikuti apel pagi, kebersihan gedung kantor, melaksanakan tugas-tugas, kehadiran waktu usai istrahat. Selain itu, sikap setiap petugas juga perlu diperhatikan seperti keramahtamahan, kebersihan, tanggap, responsif, peka, empati dan cepat memberikan pelayanan kepada warga.

"Petugas Dukcapil yang bertugas di ruang layanan, yang langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat adalah wajah dari pelayanan yang kita berikan. Setiap pemohon atau masyarakat datang akan melihat dan apabila berinteraksi dengan petugas akan merasakan kualitas layanan yang kita berikan. Oleh karena itu, setiap petugas harus tetap menjadi mutu layanan yang diberikan", jelasnya lagi.

Kadis juga mengingatkan kepada seluruh layanan agar setiap warga yang menerima pelayanan wajb mengisi Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) atas pelayanan yang diberikan. Hasil penilaian tersebut menjadi ukuran bagi kita untuk memperbaiki kualitas layanan sesuai dengan Peraturan Menteri PANRB No.17 tahun 2017 tentang Pedoman SKM terhadap penyelenggaraan pelayanan publik.

"Dalam mengukur kualitas layanan, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) menjadi acuan kita untuk memperbaiki atau membenahi layanan. IKM berasal dari SKM yang diisi setiap masyarakat atas pelayanan yang kita berikan. Kita harus tetap menjaga mutu layanan untuk dapat mewujudkan Pelayanan Prima Yang Membahagiakan Masyarakat. Inilah cita-cita dan harapan kita bersama", katanya mengakhiri rapat bersama petugas layanan.

Hadir dalam rapat tersebut, Kabid PIAK Indra Simanjuntak, S.Kom, Pejabat Fungsional Eliana Siagian, SH, MM, Asti Siadari, SE, MM dan seluruh petugas loket layanan Dukcapil Dairi.

Berita ini juga dapat dibaca di: https://www.facebook.com/share/p/RMmJfR29ec6Y1RVU/?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



NILAI SKM



SP4N-LAPOR!