Tim Evaluator PEKPPP Kemenpanrb Lakukan Verifikasi Data 3 Perangkat Daerah di Pemkab Dairi

09 Aug 2024     232

Sidikalang-Tim evaluator Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpanrb) melakukan verifikasi data terhadap Unit Penyelenggara pelayanan Publik di Kabupaten Dairi Tahun 2024. Tiga Perangkat Daerah Pemerintah Kabuapaten Dairi yang diverikasi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi, Dinas Sosial Kabupaten Dairi dan RSUD Sidikalang, secara online melalui aplikasi zoom meeting, Kamis (08/08).

Tim evaluator PEKPPP Kemenpanrb yang hadir, Sungkunen Purba, Winda Yolanda Simangunsong dan Taufik Efendy. Sedangkan paparan kinerja penyelenggara pelayanan publik Perangkat Daerah, langsung dilakukan Kadis Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si, Kadis Sosial Dairi Angel Siregar dan Direktur RSUD Sidikalang dr. Mey Sitanggang didampingi Kabag Organisasi Setdakab Dairi Bernad Naibaho, S.Sos, M.Si, Analis kebijakan Muda Adven Simanullang.

Dalam paparannya, Kadis Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si menjelaskan 6 komponen penilaian seperti kebijakan pelayanan, profesional SDM, sarana prasarana, Sistem Informasi Pelayanan Publik, Konsultasi dan Pengaduan, serta inovasi pelayanan.

"Dalam kebijakan pelayanan, Dinas Dukcapil Dairi telah memiliki standar pelayanan, memenuhi 14 komponen, dalam penyusunannya melibat unsur masyarakat seperti masyarakat pengguna layanan, akademisi, instansi terkait, organisasi masyarakat sipil, media massa. Standar pelayanan juga dipublikasi melalui media cetak/non elektronik, media elektronik, media sosial, website, aplikasi dan SIPP Nasional", ungkap dengan penuh semangat kepada tim evaluator sambil menampilkan seluruh dokumennya.

Kadis juga menuturkan bahwa instansinya secara konsisten melakukan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) atas pelayanan yang telah diberikan. SKM yang dilaksanakan mengacu kepada Peraturan Kemenpanrb dan hasilnya dipublikasikan secara elektronik dan non elektronik.

Dinas Dukcapil Dairi juga menciptakan Pelayanan Adminduk Secara Online atau dikenal dengan Perkebbas sebagai inovasi pelayanan Dukcapil untuk mempermudah, mempercepat, dan mendekatkan layanan kepada masyarakat. Masyarakat tidak perlu lagi mengurus adminduknya ke Dinas Dukcapil Dairi, sudah dapat melayani mayarakat di Kantor Kecamatan bahkan di Kantor Desa maupun Kantor Kelurahan.

"Hadirnya perkebbas, setiap ibu usai bersalin di RSUD Sidikalang dan seluruh Puskesmas se – Dairi akan membawa pulang dokumen adminduk lengkap berupa akta lahir anak, Kartu Keluarga (KK) dan KIA. Menikah di Kantor Urusan Agama (KUA) se-Dairi juga mendapatkan Kartu Keluarga (KK) sebagai pasangan suami isteri dengan status nikah tercatat", ungkapnya.

Lebih lanjut, Deddy mengatakan bahwa layanan perkebbas telah meraih penghargaan, Juara III Lomba Inovasi Daerah Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2022 dan Juara I Lomba Inovasi Daerah Tingkat Kabupaten Dairi Tahun 2023.

Sementara itu, Tim evaluator PEKPPP Kemenpanrb Sungkunen Purba mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya pelayanan publik dengan baik di Kabupaten Dairi. Kegiatan ini bagian dari penilaian kepatuhan penyelenggaraan Pelayanan Publik terhadap ketentuan Peraturan Perundang-undangan.

"Kegiatan hari ini adalah bagian penilaian terhadap kinerja pelayanan publik yang dilakukan tiga perangkat daerah di Pemkab Dairi. Melalui penilaian ini, kuallitas pelayanan publik di Kabupaten Dairi dalam terus meningkat untuk memenuhi harapan dan tuntutan masyarakat", katanya Sungkunen sambil menutup pelaksanaan penilaian PEKPPP di Kabupaten Dairi.


dibaca di:https://www.facebook.com/share/p/GJ745oeetcLbCH94/




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



NILAI SKM



SP4N-LAPOR!