Bersinergi Bahagiakan Warga, Dukcapil Dairi bersama Desa Pandan Serahkan Akta Pernikahan Pengantin Baru di Gereja GPDI Alpa Omega

07 Mar 2025     108

Pandan - Warga Desa Pandan, Kecamatan Siempat Nempu Hulu, kini semakin dimudahkan dalam pengurusan dokumen administrasi kependudukan (Adminduk). Kali ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi bersinergi dengan Pemerintah Desa Pandan untuk menghadirkan pelayanan langsung kepada masyarakat.

Dalam momen sakral pernikahan Irfantri Sinaga dan Frima Lumban Gaol yang berlangsung di Gereja GPDI Alpa Omega, Desa Pandan, Kepala Desa Pandan, Samta Sembiring, secara langsung menyerahkan Akta Pernikahan beserta Kartu Keluarga (KK) baru dengan status kawin tercatat kepada kedua mempelai. Acara pemberkatan ini dipimpin oleh Pendeta Marudut Silalahi, S.Th dan menjadi semakin istimewa dengan kehadiran pihak pemerintah desa serta perwakilan Dukcapil Dairi, Rabu (05/03).

Dalam keterangannya, Kepala Desa Pandan, Samta Sembiring, menyampaikan apresiasi tinggi atas inovasi pelayanan Dinas Dukcapil Dairi yang hadir langsung di tengah masyarakat.

"Pelayanan seperti ini sangat diharapkan warga karena memudahkan mereka mendapatkan dokumen kependudukan tanpa harus datang ke kantor Dukcapil. Setelah pemberkatan nikah, dokumen langsung diserahkan, ini pelayanan nyata dan langsung dirasakan manfaatnya," ujarnya dengan senyum, didampingi Sekretaris Desa Pandan, Kasdianta Pinem, serta pegawai Dukcapil Dairi, Dahliana Siburian.

Menurutnya, sinergi antara Dukcapil dan Pemerintah Desa seperti ini harus terus ditingkatkan agar kehadiran pemerintah benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Dairi, Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kerja sama yang terjalin antara Dukcapil Dairi dan Pemerintah Desa Pandan.

"Kami sangat berterima kasih kepada Desa Pandan yang turut berperan aktif dalam pelayanan Adminduk bagi warganya. Kolaborasi seperti ini dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain di Kabupaten Dairi, sehingga pelayanan publik semakin prima dan langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," tuturnya saat ditemui di ruang kerjanya.

Dia juga menegaskan bahwa Dukcapil Dairi berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi pelayanan jemput bola guna memastikan setiap warga mendapatkan haknya dalam dokumen kependudukan yang lengkap dan akurat.

Berita ini juga dapat di baca di :https://www.facebook.com/share/p/1EWoqj4aC3/




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


PENGUMUMAN



CALL CENTER



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


BULETIN



SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



NILAI SKM