Dairi â Kiprah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi dalam mentransformasi pelayanan Adminduk berbasis digital semakin diakui di tingkat regional. Bukti terbaru, Dukcapil Dairi menerima kunjungan kerja (Kunker) dari Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Serdang Bedagai, Selamat Hartono, SKM, MKM, MAP, Kamis (30/10). Rombongan Serdang Bedagai datang secara khusus untuk mempelajari model digitalisasi pelayanan Dukcapil Dairi.
Kunjungan ini diterima langsung oleh Kepala Dinas Dukcapil Dairi, Dr. Deddy Situmorang, SE,
M.Si, di Kantor Dukcapil Dairi, Jl. Pandu, Sidikalang. Rombongan Serdang Bedagai yang turut hadir adalah Kabid PIAK Ismudi, SE, Kabid PD&IP Khairamadan, ST, S.Ap, dan Jafung Perencana Eriek Lumban Tobing,
S.Si,
M.Si.
Sebelum melakukan pertemuan di kantor, Dr. Deddy Situmorang mengajak rombongan meninjau langsung implementasi pelayanan Adminduk terpadu di lima instansi mitra. Kunjungan ini meliputi Kantor Camat Sidikalang, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sidikalang, Klinik Bersalin Pratama Amanda, Kantor Desa Hutarakyat, dan RSUD Sidikalang.
Di Kantor Camat Sidikalang, Dr. Deddy Situmorang menjelaskan bahwa inovasi ini menjadikan pelayanan Adminduk sudah lengkap di tingkat kecamatan, mulai dari rekam dan cetak KTP hingga Akta.
Inilah salah satu inovasi pelayanan kami yang semakin dekat dengan masyarakat. Warga Kecamatan Sidikalang tidak perlu lagi harus datang ke Dukcapil, masyarakat dapat dilayani di kantor Camat Sidikalang, urainya.
Camat Sidikalang, Abdimar Jahotlen Tamba, mengaku sangat puas, Warga sangat mengapresiasi pelayanan yang disediakan Dukcapil karena semua cepat dan mudah.
Kesan positif juga datang dari Klinik Bersalin Pratama Amanda, yang diterima langsung pemiliknya, Dame Silaban, S.Keb.
Sejak ditandatanganinya kerjasama dengan Dukcapil Dairi, warga yang bersalin di klinik kami sangat senang dan bahagia karena bisa membawa pulang dokumen Adminduk pasca ibu bersalin. Benar-benar memberikan manfaat dan dampak luas bagi warga, ungkapnya.
Setelah peninjauan lapangan, pertemuan dilanjutkan di ruang kerja Kadis Dukcapil Dairi. Dr. Deddy Situmorang memaparkan sejarah transformasi digital instansinya. Digitalisasi ini, yang dikenal sebagai Pelayanan Adminduk Berbasis Online (Perkebbas), berawal dari tantangan saat masa Covid-19.
Awalnya Perkebbas dipergunakan bagi masyarakat dan fiturnya tidak begitu lengkap. Seiring perkembangan waktu, karena rendahnya pengguna, kami mulai menggandeng seluruh Desa, KUA, RSUD, dan Puskesmas untuk membantu warga dalam urusan dokumen Adminduk, papar Dr. Deddy.
Ia melanjutkan, digitalisasi pelayanan terus bertransformasi sesuai kebutuhan warga, membuat layanan di Perkebbas kini sangat lengkap.
Perkebbas juga dapat menghitung dengan cepat jumlah pelayanan, arsip digital juga jelas tersimpan. Untuk mengukur kualitas layanan, kami menyediakan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) secara digital, jelasnya.
Dukcapil Dairi juga menyediakan layanan informasi dan pengaduan secara tatap muka maupun online agar warga dapat berkomunikasi langsung, yang semakin membantu dan memudahkan warga.
Kadis Dukcapil Serdang Bedagai, Selamat Hartono, menyampaikan terima kasih dan apresiasi tinggi.
Kami melihat secara langsung pelayanan yang terselenggara di lima instansi yang kami kunjungi. Layanan seperti ini juga telah kami lakukan di Serdang Bedagai, hanya kami belum memiliki aplikasi Adminduk online, masih mempergunakan layanan WhatsApp sebagai media permohonan, sehingga masih menyulitkan kami, ujarnya.
Selamat Hartono menyimpulkan, Adanya layanan Adminduk online Dukcapil Dairi ini dapat membuka pemikiran kami untuk dapat membangun Adminduk online dalam membantu masyarakat Serdang Bedagai. Kami sangat puas, senang, serta mengapresiasi pelayanan yang telah dilakukan Dukcapil Dairi.
Kunjungan diakhiri dengan peninjauan langsung di ruang layanan Dukcapil Dairi dan sesi foto bersama, menandai komitmen kedua daerah untuk terus meningkatkan pelayanan publik.