Warga ODGJ dan Lansia Desa Bintang Sidikalang Rekam KTP-el

25 Aug 2021     571

Bintang – Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan Lanjut Usia (Lansia) di Desa Bintang Kecamatan Sidikalang mendapat layanan rekam Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi, Rabu (25/08).

Kami turun langsung mendatangi rumah – rumah warga yang masuk dalam kategori kelompok rentan penduduk atau kelompok yang berkebutuhan khusus untuk mengambil data berupa foto diri yang dientry ke dalam Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

Hal tersebut diutarakan Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si disela-sela kegiatannya melakukan perekaman KTP – el yang didampingi Kabid PIAK Disdukcapil Simon Tonny Malau, S.Kom. MAP dan Steve Morleon Tambunan bersama Perangkat Desa Bintang dan Bidan Desa.

Lebih lanjut, Kadis mengatakan pelayanan Jemput Bola atau dikenal dengan Jempol Adminduk ini adalah program prioritas Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menuntaskan seluruh dokumen kependudukan Warga Dairi termasuk terhadap kelompok rentan penduduk.

“Masih banyak warga belum melengkapi dokumen adminduknya yang sebenarnya adalah hak setiap warga Indonesia untuk memiliki identitas. Warga sering abai bahkan tidak peduli dengan dokumen kependudukan penting tersebut. Biasanya mengurusnya ketika diperlukan untuk berobat, mengurus BPJS, membuka tabungan, mendaftarkan anak ke sekolah dan lainnya”, ungkapnya.

Karena pentingnya dokumen kependudukan tersebut, diharapkan warga untuk mengurus sendiri dokumennya karena pengurusan dokumen sudah sangat dekat di berada tengah – tengah masyarakat. Pelayanan ada di Kantor Camat, Kantor Desa dan ketika anak lahir, sudah langsung diterbitkan Akta lahirnya disertai dengan perubahan KK apabila warga dapat melengkapi seluruh persyaratan yang diminta. Semua sudah begitu mudah dan praktis.

Khusus kepada warga yang masuk dalam kategori kelompok rentan penduduk seperti ODGJ, Disabilitas dan lansia yang belum memiliki identitas, kami bersedia memberikan perekaman di tempat sehingga warga benar-benar terlayani dan pasti memiliki dokumen adminduk. Silakan keluarganya datang ke Dinas Dukcapil Dairi atau boleh juga ke Kantor Desa dan Bidan Desa/Puskesmas terdekat untuk menginformasikan perlu dilakukan perekaman KTP.

“Hasil perekaman hari ini, ODGJ 4 orang, Lansia 3 orang dan warga 1 orang. Pelayanan saat ini sudah masuk pelayanan ke 8 yang sebelumnya di Kecamatan Siempat Nempu, Tigalingga, Silahi sabungan, Silima Pungga-Punga, Siempat Nempu dan Lae Parira, Sumbul dan hari ini di Kecamatan Sidikalang”, ujar Kadis Dukcapil Dairi.

Waktu kedepan, kegiatan perekaman KTP ini akan dilanjutkan ke beberapa kecamatan yang lain untuk menuntaskan dan memberikan pelayanan prima serta berkualitas kepada warga.
Sementara itu, salah seorang keluarga ODGJ yang bertempat tinggal di Dusun IV Desa Bintang mengaku senang atas kunjungan Dinas Dukcapil Dairi kerumahnya untuk melakukan perekaman KTP kepada saudaranya.

“Dengan adanya identitasnya berupa KTP, pelayanan kesehatan, bantuan sosial dan lainnya dapat diperoleh untuk keberlangsungan hidupnya”, ujarnya dengan senyum.




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB