Dinas Dukcapil Dairi Rekam KTP-el Warga ODGJ & Disabilitas di Sumbul

24 Aug 2021     526

Sumbul, Disdukcapil Dairi - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) terhadap Warga Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan Disabilitas yang berada di Desa Perjuangan, Desa Pegagan Julu IV dan Desa Pegagan Julu III Kecamatan Sumbul, Selasa (24/08).

Disela-sela kegiatannya, Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si yang didampingi Kabid PIAK Disdukcapil Simon Tonny Malau, S.Kom. MAP dan Steve Morleon Tambunan mengatakan program ini adalah program prioritas Pemerintah Kabupaten Dairi dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam menuntaskan seluruh dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk) Warga Dairi mulai dari dokumen Kartu Kelurga (KK), KTP, Akta Kelahiran, Akta Perkawinan dan Akta Kematian.

“Untuk dapat menyelesaikan seluruh dokumen tersebut, kami terus berinovasi dan membuat terobosan untuk membahagiakan masyarakat dalam kepemilikan dokumen Adminduk. Selain pelayanan di Dinas Dukcapil, saat ini sudah tersedia layanan dukcapil di 15 Kecamatan dan melibatkan 161 Desa, 8 Kelurahan dan 18 Puskesmas dan RSUD Sidikalang dalam penerbitan dokumen kependudukan. Selain itu, pelayanan Jemput Bola atau dikenal Jempol terus dilaksanakan di Desa-Desa”, tuturnya.

Pelayanan pengurusan dokumen kependudukan ini tidak hanya diberikan kepada warga yang sehat jiwa dan raganya akan tetapi diberikan juga kepada warga yang masuk dalam kategori memiliki kebutuhan khusus atau kelompok rentan penduduk seperti ODGJ, penyandang disabilitas dan Lanjut Usia (Lansia). Kepada warga berkebutuhan khusus tersebut, Dinas Dukcapil Dairi datang langsung kerumah-rumah warga tersebut dengan melakukan perekaman KTP-el ditempat.

“Secara umum, warga yang masuk dalam kategori tersebut, lebih dulu didata melalui Bidan Desa, Puskesmas setempat hingga sampai ke Dinas Kesehatan Dairi. Sehingga melalui permintaan tersebut, kami bersama Dinas terkait seperti Dinas Kesehatan Dairi dan Dinas Sosial Dairi turun bersama melakukan perekaman terhadap warga tersebut”, ungkapnya.

Karakteristik warga dengan kebutuhan khusus khususnya ODGJ memiliki cerita tersendiri dengan bermacam-macam sikap dan tingkah laku. Ada warga yang mudah direkam dengan sikap terus senyum, ada yang suka bercerita, ada yang terlalu aktif bergerak dan bahkan ada juga yang tidak dapat direkam karena tidak suka bertemu dengan orang banyak.

“Kunjungan pelayanan ini sudah memasuki kecamatan ke 7 yang sebelumnya dilaksanakan di Kecamatan Siempat Nempu, Tigalingga, Silahi sabungan, Silima Pungga-Punga, Siempat Nempu dan Lae Parira dan hari ini di Kecamatan Sumbul”, kata Deddy.

Deddy juga menjelaskan ODGJ yang direkam hari ini sebanyak 4 orang, penyandang disabilitas 3 orang dan 1 orang Lansia. Selain warga yang masuk dalam kategori kelompok rentan penduduk, dilakukan juga pelayanan perekaman KTP-el terhadap warga Desa Perjuangan sebanyak 60 orang yang dikumpulkan di Kantor Desa Perjuangan.

Sementara itu dari Kantor Desa Perjuangan, Kepala Desa (Kades) Perjuangan Hotler Sihombing yang didampingi Sekdes Perjuangan Pesta Natalia Sihombing mengaku gembira atas kunjungan pelayanan Dinas Dukcapil Dairi ke Desanya memberikan perekaman KTP terhadap warga yang masuk kelompok rentan penduduk dan juga kepada warga yang belum memiliki KTP.

“Desa Perjuangan memiliki 5 Dusun yang mana setiap dusun memiliki warga yang masuk dalam kelompok rentan penduduk baik itu ODGJ maupun Disabilitas. Kami kesulitan mendaftarkan warga tersebut untuk memperoleh layanan dari pemerintah seperti layanan kesehatan maupun bantuan sosial karena belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) melalui penerbitan Kartu Keluarga (KK) dan KTP. Sehingga melalui pelayanan Jempol ini, dokumen kependudukan seluruh warga tersebut dapat dituntaskan”, ujarnya.

Hotler juga mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu yang telah hadir memberikan pelayanan Jemput Bola Adminduk dengan mengunjungi langsung warga yang berada dirumah.

“Semoga pelayanan ini dapat terus dipertahankan bahkan ditingkatkan untuk solusi terbaik dalam menuntaskan seluruh dokumen kependudukan seluruh Warga Dairi”, harapnya dengan senyum bahagia.




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB