Warga Binaan Lapas Tanjung Gusta Dapat Layanan Jempol Dukcapil Dairi

11 Oct 2021     494

Medan (Dukcapil Dairi) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi melakukan pelayanan Jemput Bola (Jempol) Administrasi Kependudukan (Adminduk) ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tanjung Gusta Medan, Jumat (8/10).

Kunjungan pelayanan Jempol tersebut diikuti Kepala Dinas Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si, Kabid PIAK Simon Tonny Malau, S.Kom, MAP, Hendra Supreddi dan Morleon Steven Tambunan.

Kepala Dinas Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si dalam keteranganya via telepon disela-sela pelayanannya mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakannya di Lapas tersebut merupakan permintaan resmi dari Kepala Lapas Tanjung Kusta Medan untuk lakukan rekam KTP-el terhadap Warga Dairi yang menjadi Warga Binaan Permasyarakatan.

"Berdasarkan surat resmi Kepala Lapas Tanjung Gusta beberapa waktu yang lalu, ada sebanyak delapan Warga Dairi menjadi Warga Binaan Permasyarakatan belum memiliki identitas diri seperti KK dan KTP yang akan dipergunakan untuk mendapatkan program vaksinasi terhadap seluruh warga binaan permasyarakatan di lapas tersebut", ujarnya.

Lebih lanjut, Kadis Dukcapil menjelaskan bahwa sehari sebelum berangkat, terlebih dulu dilakukan indetifikasi dan cek warga binaan tersebut ke dalam Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dan data konsolidasi yang diharapkan melalui aplikasi tersebut diperoleh data-data kependudukannya.
Setelah dilakukan pengecekan, Tujuh Warga Binaan tidak ditemukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) nya dan satu orang duplikat di Kabupaten Samosir.

"Hari ini kami lakukan rekam biometrik di lapas dan dari delapan warga tersebut yang diajukan, ternyata dua orang telah bebas bersyarat sehingga hanya lima orang yang dilakukan rekam biometrik", ungkap Kadis Dukcapil.

Melalui pelayanan Jemput Bola tersebut, Dinas Dukcapil berhasil menerbitkan Kartu Keluarga (KK) dan KTP-el terhadap lima orang warga Dairi yang menjadi warga binaan Lapas Tanjung Gusta Medan dan akan membantu menyelesaikan satu orang warga yang duplikat data kependudukannya di Kabupaten Samosir.

"Kegiatan jemput bola ini terus dimaksimalkan untuk dapat memenuhi seluruh identitas dan dokumen kependudukan warga. Ini sudah menjadi program prioritas dan unggulan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu bekerja untuk wujudkan Dairi Unggul dalam menuntaskan seluruh dokumen warga", tambahnya.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas I Tanjung Gusta Medan Erwedi Supriyatno, Bc.IP, SH, MH yang diwakili Kepala Bidang Pembinaan Peristiwa br Sembiring mengapresiasi atas kedatangan Dinas Dukcapil Dairi dalam memberikan pelayanan jemput bola langsung ke Lapas Tanjung Gusta ini.

"Kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Dairi dalam hal ini Dinas Dukcapil Dairi yang datang langsung memberikan pelayanan penerbitan KK dan KTP-el terhadap warga binaannya. Semoga kerjasama ini dapat terus terjalin untuk pemenuhan dokumen kependudukan", kata Peristiwa br Sembiring sembari menyerahkan Kartu Keluarga dan KTP kepada warganya.




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB