Tingkatkan Layanan Kepada Warga, Dinas Dukcapil Dairi Laksanakan Program Kawin langsung dapat Akta Kawin

11 Oct 2021     243

Sidikalang (Dukcapil Dairi) - Untuk meningkatkan pelayanan urusan dokumen kependudukan di Dairi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi melaksanakan penyerahan Akta Perkawinan langsung kepada pasangan pengantin baru Daniel Sembiring dan Uwhey Septiani Banurea yang lebih dulu diberkati Pendeta Elisabet Lumban Tobing, S.Th. Perkawinan tersebut berlangsung di Gereja Kristen Protestan Pakpak Dairi (GPPD) Suka Dame Jl. Air Bersih Kelurahan Batang Beruh Sidikalang, Jumat (08/10).

Demikian penjelasan Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si dalam keterangannya via aplikasi whatsapp yang secara bersamaan berada di Medan melakukan rekam KTP-el terhadap warga binaan di Lapas Kelas I Tanjung Kusta.

"Kami terus berupaya memberikan pelayanan prima dan berkualitas kepada seluruh warga terkhusus dalam pelayanan dokumen kependudukan, seperti melakukan pelayanan jemput bola atau Jempol. Program jempol ini terus kami lakukan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarat", ungkapnya.

Penyerahan dokumen akta perkawinan kepada kedua mempelai hari ini di GPPD Suka Dame merupakan salah satu wujud program jempol. Pemerintah yang datang langsung melayani masyarakat, menyampaikan dokumen kependudukan yang diperlukan.

"Program jempol ini bukan saja diberikan kepada warga-warga yang tinggal di Desa se-Dairi akan tetapi dilakukan juga kepada warga yang membutuhkan seperti penyerahan akta perkawinan langsung digereja, warga yang masuk kategori kelompok rentan penduduk antara lain Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), penyandang disabilitas, lansia, tuna susila", ujar Kadis Dukcapil.

Pemerintah Kabupaten Dairi dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu akan terus berinovasi untuk menuntaskan seluruh dokumen kependudukan melalui program jempol ke Desa-Desa, Gereja, rumah-rumah warga dan penyediaan pelayanan di Kantor Camat, RSUD Sidikalang, Puskesmas se-Dairi.

"Mari Warga Dairi pergunakan kesempatan pelayanan cepat dan tepat ini untuk mengurus dan menyelesaikan seluruh dokumen kependudukannya, sehingga tidak ada lagi warga yang tidak memiliki idetitas diri dan dokumen kependudukan lainnya", himbaunya.

Terlihat pejabat Dinas Dukcapil yang menyerahkan dokumen tersebut Kasi Perkawinan dan Perceraian Nurdingse Simbolon dan Arwadi Simanullang.




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA
25-03-2024 : KUNJUNGAN KERJA BUPATI DAIRI DI KECAMATAN PARBULUAN
26-03-2024 : KUNJUNGAN KERJA BUPATI DAIRI DI KECAMATAN SILIMA PUNGGA-PUNGGA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB