Rakor Dinas Dukcapil se - Sumut Hadirkan Kadis Dukcapil Dairi sebagai Narasumber

22 Dec 2021     472

Rakor Dinas Dukcapil se - Sumut Hadirkan Kadis Dukcapil Dairi sebagai Narasumber

Medan - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Provinsi Sumatera Utara menyelenggarakan Rapat Koordinasi Capaian Kinerja Semester II tahun 2021 untuk mengevaluasi capaian kinerja urusan Administrasi Kependudukan Kabupaten/Kota, bertempat di Cambridge Hotel Medan, Jumat (17/12).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Sumatera Utara Dra. H. Manna Wasalwa Lubis, MAP, Sekdis Dukcapil Provsu Yanuarlin, SE, M.Si, seluruh Kabid Disdukcapil Provsu dengan peserta rapat seluruh Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota Se – Sumut.

Hadir sebagai narasumber dalam rapat koordinasi tersebut, Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si. Topik yang disampaikan dalam rakor tersebut tentang pembenahan pelayanan dan inovasi yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja Dinas Dukcapil Dairi.

Dalam paparannya, Kadis menjelaskan banyak pembenahan yang dia lakukan untuk mendongkrak kinerja dinasnya sehingga cakupan kepemilikan dokumen kependudukannya mengalami peningkatan yang signifikan.

"Saya dilantik 4 September 2020, sertijab 9 September 2020, bergerak cepat dengan langsung melakukan pemetaan kendala dan permasalahan. Selain itu, punya tugas berat diberikan Pimpinan untuk membangun aplikasi layanan adminduk online dan harus di launching pada HUT Kabupaten, 1 Oktober 2020. Bersyukur, semua berjalan dengan lancar dengan dukungan dari seluruh pejabat dan staf Dinas Dukcapil Dairi, dibantu Dinas Kominfo Dairi dan akhirnya aplikasi tersebut diluncurkan tepat pada HUT Kabupaten Dairi ke 73", tuturnya dihadapan seluruh Kadis Dukcapil se – Sumut yang hadir dalam rapat tersebut.

Aplikasi yang kami bangun diberi nama Perkebbas. Perkebbas adalah akronim dari Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Online yang saat ini menjadi andalan dalam menyelesaikan seluruh permasalahan terkait pengurusan dokumen adminduk.

"Melalui aplikasi tersebut, pelayanan urusan dokumen kependudukan dapat lebih cepat dan lebih mudah. Pengguna perkebbas bukan saja individu atau warga kami, akan tetapi kami libatkan banyak instansi dalam mempergunakan aplikasi ini untuk membantu seluruh warga", ungkapnya.

Dinas Dukcapil telah banyak melakukan kerjasama dengan instansi-instansi terkait dalam penggunaan aplikasi layanan adminduk online tersebut seperti 161 Desa dan 8 Kelurahan. Selain itu, RSUD Sidikalang dan 18 UPT. Puskesmas Se – Dairi telah menerbitkan akta kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA) dan perubahan Kartu Keluarga (KK) ketika ibu yang melahirkan dilokasi tersebut.
"Beberapa rumah-rumah ibadah juga telah bekerjasama dengan Dinas Dukcapil dalam penerbitan akta perkawinan. Hari Kamis (16/12) kemarin, kami bersama Kemenag Dairi telah menandatangani kerjasama dalam penerbitan dokumen kependudukan melalui aplikasi perkebbas", sebutnya dengan penuh semangat.

Pelayanan Dinas Dukcapil Dairi juga diperkuat dengan tersedianya pelayanan di 15 Kantor Camat. Pelayanan di kantor camat tersebut sudah seperti pelayanan yang ada di Dinas Dukcapil seperti perekaman dan pencetakan KTP-el, pembuatan dan perubahan KK, pengurusan KIA, pengurusan akta kelahiran, akta perkawinan, akta kematian dan akta perceraian.

"Saat ini pencetakan KTP-el sudah dapat dilakukan di 8 Kecamatan seperti Kecamatan Sidikalang, Sumbul, Parbuluan, Lae Parira, Tiga Lingga, Silima Pungga-Pungga, Tanah Pinem dan Siempat Nempu Hilir. Tahun ini sudah ditampung 7 lagi printer KTP untuk mendukung pelayanan dukcapil diseluruh Kantor Camat se-Dairi", ujarnya.

Tersedianya pelayanan di Kantor-Kantor Camat ini sangat membantu percepatan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Tidak perlu lagi masyarakat dari daerah yang jauh datang ke Dinas Dukcapil hanya untuk mencetak atau menganti KTP yang rusak. Dokumen-dokumen kependudukan lainnya juga bisa diurus di Kantor Camat. Semua begitu mudah dan dekat dengan masyarakat.
Pelayanan Jemput bola terus dilakukan ke Desa-Desa untuk menuntaskan dokumen kependudukan warga desa. Selain itu, pelayanan jemput bola bagi warga rentan adminduk terus dilakukan seperti kepada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), penyandang disabilitas, lansia, tuna susila, warga binaan di rutan.

Terakhir dalam paparannya, Kadis mengatakan pelayanan antar dokumen ke rumah juga dilakukan melalui kerjasama dengan PT. Pos Indonesia. Masyarakat akan semakin dimanjakan dengan layanan ini.

"Kami telah mengandeng PT. Pos Indonesia untuk mengantar dokumen langsung antar kerumah warga sehingga tidak perlu lagi repot menunggu dokumen yang diurus. Kami banyak menyediakan fasilitas untuk membahagiakan seluruh warga", serunya dengan senyum sembari menampilkan slide terakhir dengan kata terimakasih.

Rapat koordinasi tersebut dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang dimoderatori Sekdis Dukcapil Provsu Yanuarlin, SE, M.Si.




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



NILAI SKM



SP4N-LAPOR!