Kadis Dukcapil Dairi Rintis Kerjasama dengan Pengadilan Negeri Sidikalang

11 Mar 2022     586

Sidikalang-Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si melakukan kunjungan ke Pengadilan Negeri Sidikalang. Kunjungan silahturahmi tersebut langsung diterima Ketua Pengadilan Negeri Sidikalang Erika Sari Emsah Ginting, S.H., M.H, diruang kerjanya, Jl. Ahmad Yani No. 133 Sidikalang, Jumat (11/03).

Dalam pertemuan tersebut, Kadis Dukcapil Dairi menyampaikan maksud tujuan kedatangannya ke Pengadilan Negeri Sidikalang adalah untuk menjalin kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Dairi dalam hal ini Dinas Dukcapil Dairi dengan Pengadilan Negeri Sidikalang dalam sinergitas dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
"Dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, Dinas Dukcapil terus melakukan kerjasama dengan instansi terkait seperti Kementerian Agama Kabupaten Dairi dalam hal pasca diserahkan Buku Nikah kepada kedua pengantin, diserahkan juga Kartu Keluarga (KK) dan KTP-el kepada kedua pengantin sekaligus KK kepada kedua orangtua," jelaskan dihadapan Ketua PN Sidikalang.

Dia juga mengatakan bahwa beberapa waktu yang lalu, Pengadilan Agama Sidikalang telah bersedia bekerjasama Dinas Dukcapil terkait pasca keputusan pengadilan atas masalah perceraian sehingga harapannya penandatanganan kerjasama dengan Pengadilan Negeri Sidikalang dapat dilakukan bersama-sama dengan Pengadilan Agama Sidikalang.
"Pasca putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap atas kasus perceraian, Dinas Dukcapil bersedia menerbitkan pemisahan KK dan KTP-el dengan status perkawinan cerai hidup. Melalui pelayanan ini, para pihak tidak perlu lagi datang ke Dinas Dukcapil untuk mengurus dokumen kependudukannya, melalui Pengadilan Negeri akan langsung menyerahkan dokumen kependudukan tersebut”, kata Kadis Dukcapil yang didampingi Sekdis Dukcapil Rayambong S. Sitohang, ST, MAP dan Agus Rajagukguk, A.Md.

Sementara itu, Ketua Pengadilan Negeri Sidikalang Erika Sari Emsah Ginting, S.H., M.H dalam kesempatan yang sama, menyambut baik rencana kolaborasi Pengadilan Negeri Sidikalang dengan Dinas Dukcapil Dairi untuk dalam memberikan pelayanan prima kepada seluruh warga.
"Pada prinsipnya Pengadilan Negeri Sidikalang bersedia kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Dairi untuk pelayanan lebih baik kedepan kepada seluruh masyarakat. Semoga kerjasama ini dapat segera dilaksanakan," tuturnya didampingi Wakil Ketua PN Sidikalang Monita Honeisty Br. Sitorus, S.H., MH.

Berita ini juga dapat dibaca di: https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=293130279600742&id=100067113165768?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB