KUA Sidikalang Bersama Dinas Dukcapil Dairi Berkolaborasi Wujudkan Dairi Unggul

13 Oct 2022     294

Sidikalang - Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sidikalang Abdul Yajid Lingga, S.Ag, MM memandu pelaksanaan akad nikah pasangan pengantin baru, Dendi Wahyudi dan Asniati di Desa Bintang Mersada Kecamatan Sidikalang, Senin (10/10).

"Baru aja kami memandu pelaksanaan akad nikah sepasang pengantin baru di Desa Bintang Mersada dan menyerahkan buku nikah kepada kedua pengantin sebagai bukti sah sebagai suami isteri. Selain buku nikah, dokumen adminduk seperti Kartu Keluarga (KK) juga ikut diserahkan kepada kedua mempelai dan kedua orangtua pengantin," kata Abdul Yajid Lingga, S.Ag, MM.

Penyerahan dokumen adminduk tersebut merupakan kolaborasi Kementerian Agama Kabupaten Dairi dengan Dinas Dukcapil Dairi. Saat ini, apabila berlangsung pernikahan warga yang difasilitasi Kantor Urusan Agama (KUA) se Dairi, pengantin dan kedua orang tua pengantin akan memperoleh Kartu Keluarga (KK) baru dan juga akan diserahkan KTP-el baru kepada kedua pengantin.

Sementara itu, Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si mengatakan bahwa program kerjasama dengan Kementerian Agama ini terus dilakukan secara konsisten untuk membantu dan mempermudah pelayanan kepada seluruh warga khususnya yang melangsungkan pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA).

"Inilah adalah salah satu perubahan pelayanan yang terus dilakukan dibawah pemerintahan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu khususnya dalam pelayanan urusan dokumen kependudukan. Masyarakat yang melangsungkan pernikahan yang difasilitasi KUA dan yang dilaksanakan dirumah-rumah ibadah seperti gereja akan mendapat pelayanan prima dari Dinas Dukcapil Dairi. Kemudahan dan kecepatan layanan ini terus dipertahankan untuk wujudkan Dairi Unggul dan Sejahtera," tutur Kadis.

Kantor Urusan Agama memanfaatkan layanan aplikasi perkebbas (pelayanan administrasi kependudukan berbasis online) untuk mengajukan permohonan dan apabila lengkap seluruh persyaratannya dibutuhkan, dokumen adminduk akan diupload Dinas Dukcapil dan hasilnya dapat langsung didownload operator Kantor Urusan Agama. Semua begitu mudah dan semakin dekat layanan kepada seluruh warga.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02reuCY1teHrbFoSZc6wGoprBpphMEYBANDxVJrvyMJoBeUQ4xx...?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB