Kades Huta Rakyat Serahkan Akta Perkawinan Pengantin Baru Jemaat HKBP Huta Rakyat

17 Nov 2022     535

Huta Rakyat-Kepala Desa Huta Rakyat Garang Sihombing menyerahkan akta perkawinan kepada pasangan pengantin baru Sofian Adil Ginting dengan Sanni Juniar Tambunan yang melangsungkan pernikahan di Gereka HKBP Huta Rakyat. Pemuka Agama Kristen Protestan yang bertugas memberkati kedua pengantin Pdt. Sampur Simanullang, S.TH. Akta perkawinan tersebut diserahkan di Wisma HKBP Huta Rakyat, Desa Huta Rakyat, Kecamatan Sidikalang, Senin (14/11).

Penyerahan dokumen adminduk tersebut, Kades Huta Rakyat Garang Sihombing didampingi Sekretaris Desa Erwin Manalu, Kasi Pemerintahan Eli Susanti Simbolon, Kasi Kesra Desi F Sembiring, Kasi Pelayanan Sri Hastuti Bintang, dan Kepala Dusun III Dedi S Siregar.

Dalam sambutannya, Kades Huta Rakyat mengucapkan selamat berbahagia kepada kedua pengantin yang telah resmi menjadi suami isteri, dimana tadi telah diberkati pendeta dihadapan kedua keluarga besar dan para undangan yang hadir.

"Kami dari Pemerintah Desa Huta Rakyat ikut merasakan kebahagiaan dan sukacita yang dirasakan kedua mempelai karena telah membentuk keluarga baru. Semoga menjadi keluarga yang bahagia dihadapan Tuhan, keluarga dan masyarakat," tutur Kades dihadapan pengantin dan keluarga.

Lebih lanjut, Kades juga menyampaikan bahwa sebagai wujud tanggung jawab dan pelayanan Pemerintah Desa terhadap administrasi kependudukan Warga Desa Huta Rakyat, dikesempatan akan diserahkan akta perkawinan dan beberapa dokumen lainnya. Inilah perubahan pelayanan yang kami lakukan terus menerus untuk memberikan pelayanan terbaik dan pemenuhan dokumen adminduk warga.

"Sesuai program bersama Pemerintah Desa Huta Rakyat dengan Pemerintah Kabupaten Dairi khususnya Dinas Dukcapil Dairi dalam urusan dokumen adminduk, kami serahkan Akte Perkawinan, Kartu Keluarga (KK) dan KTP kedua Mempelai dan Kartu Keluarga (KK) kedua Orang tua mempelai yang telah diperbaharui. Warga tidak perlu lagi repot dan kesulitan dalam pengurusan dokumen adminduk ini, semua sudah dimudahkan,"kata Garang Sihombing dengan penuh semangat bersama jajarannya.

Sementara itu, Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si dari ruang rapat DPRD Kabupaten Dairi menyebutkan bahwa percepatan penuntasan cakupan kepemilikan dokumen adminduk terus dilakukan melalui bekerjasama dengan seluruh Pemerintah Desa dan Kelurahan se-Dairi.

"Pelayanan urusan dokumen adminduk saat ini sudah semakin dekat dengan warga. Selain dekat, mudah dan cepat. Inilah perubahan pelayanan dimasa pemerintahan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, bekerja untuk rapat dan nyata kerjanya," sebut Kadis.

Pemerintah Kabupaten Dairi telah menghadirkan inovasi pelayanan dukcapil melalui layanan perkebbas. Melalui pelayanan administrasi kependudukan berbasis online atau perkebbas inilah, seluruh masyarakat dan instansi terkait seperti Kantor Desa dan instansi lain dapat mengajukan permohonan dokumen adminduknya.

"Melalui penerapan tanda tangan elektronik atau sertifikat elektronik, dokumen adminduk berbasiskan kertas sudah dapat dicetak di rumah atau kantor-kantor yang bekerjasama dengan Dinas Dukcapil sehingga semua begitu mudah dan praktis. Sedangkan untuk KTP dan KIA dapat diambil di Dinas Dukcapil karena masih mempergunakan blangko," katanya sembari mengikuti rapat di Kantor Dewan.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0cADokgdFuvFM8k5tpXWz7pNjgny7LZJDjqes7XyRLZFjoLfg5j...




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB