Dinas Dukcapil Dairi lakukan Rekam KTP-el bagi Penduduk Rentan di Desa Onan Lama Pegagan Hilir

31 Jan 2023     297

Onan Lama-Dinas Kependudukan dan Pencatatan (Dukcapil) Kabupaten Dairi sukses melaksanakan perekaman KTP-el bagi penduduk rentan di Desa Onan Lama Kecamatan Pegagan Hilir, Senin (30/01).

"Kartu Tanda Penduduk Elekronik (KTP-el) adalah salah satu dokumen kependudukan yang sangat penting yang dipergunakan setiap orang sebagai bukti identitas diri. Untuk dapat memperoleh KTP-el ini, harus melakukan rekam biometrik atau pengambilan seluruh identitas diri seperti iris mata, sidik jari, foto diri dan tanda tangan," kata Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M,Si.

Kadis mengatakan bahwa hari ini, Dinas Dukcapil Dairi melaksanakan rekam KTP-el di Desa Onan Lama Kecamatan Pegagan Hilir yang menyasar warga yang masuk dalam kategori pendudk rentan seperti penyandang disabilitas dan orangtua lanjut usia (lansia).

Kegiatan rekam biometrik tersebut berhasil dilakukan kepada 7 orang yakni 2 orang penyandang disabilitas, 4 orang lansia dan 1 orang warga yang sehat.

"Kegiatan tersebut terselenggara atas permintaan Kepala Desa dan warga Desa Onan Lama, dimana ada warga yang berkebutuhan khusus belum memiliki KTP-el, sehingga hari ini dilaksanakan kegiatan rekam KTP-el yang dipusatkan di Kantor Desa Onan Lama dan langsung kerumah-rumah warga terseut," tutur Deddy.

Pelayanan jemput bola atau jempol rekam KTP-el bagi penduduk rentan sudah menjadi program prioritas Pemerintah Kabupaten Dairi dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam menuntaskan kepemilikan dokumen adminduk seluruh warga dalam mewujudkan Dairi Unggul.

Sementara itu, salah seorang keluarga yang mendapat layanan jemput bola rekam KTP-el kepada penduduk rentan, mengucapkan terimakasih atas pelayanan yang diberikan Dinas Dukcapil kepada orangtua, dimana selama ini belum memiliki KTP-el.

"Orangtua kami ini telah lama belum memiliki KTP-el karena kondisi fisiknya yang tidak dapat datang ke Dinas Dukcapil yang berada di sidikalang. Semoga kegiatan-kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan dan dipertahankan untuk membantu seluruh warga yang memiliki keterbatasan sehingga KTP-el dapat dimiliki seluruh warga," ungkapnya.

Kegiatan perekaman tersebut diikuti Kepala Desa Onan Lama Marhaen Lingga didampingi perangkat desa jhonson Simbolon. Sedangkan Tim rekam KTP-el Dinas Dukcapil Dairi yang turun Suriaman Kaloko, Morleon Steve Tambunan dan Roganda Sihombing.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid07bmKSu8gX83BcKnVHJhfx9akCiW7ybv7R1vzaQ7RHHEMtp9usQ...?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB