Lau Tawar-Sebagai upaya menuntaskan seluruh dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk) Warga Dairi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi melaksanakan pelayanan jemput bola di Desa Lau Tawar Kecamatan Tanah Pinem, bertempat di Jambur Desa lau Tawar, Jumat (17/02).
Kegiatan jemput bola atau dikenal dengan pelayanan jempol adminduk Dinas Dukcapil Dairi tersebut dilaksanakan dalam rangkaian reses pertama pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Dairi J. Putra Ginting, SH, MH di Desa Lau Tawar.
Hadir dalam acara reses tersebut Kepala Dinas Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si, Kepala BPBD Masaraya Berutu, Kepala BPJS dr. Sari, Perwakilan OPD dari Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas PUTR, Dinas Pertanian, mewakili Camat Tanah Pinem, Kepala Desa, Sekdes dengan seluruh perangkatnya dan seluruh Warga Lau Tawar.
Dalam arahannya, Anggota DPRD Kabupaten Dairi J. Putra Ginting, SH, MH mengatakan bahwa kedatangannya adalah untuk menampung aspirasi atau usulan yang dibutuhkan masyarakat Desa Lau Tawar dalam meningkatkan kesejahteraan warga.
"Kegiatan reses anggota DPRD Kabupaten Dairi dilaksanakan setiap tahun sebanyak tiga kali. Hari ini merupakan reses yang pertama kami untuk mengunjungi seluruh warga yang berada di wilayah pemilihan. Dalam reses ini, saya didampingi beberapa instansi yang akan mendengar dan mencatat seluruh kebutuhan yang diperlukan," ujar Jembal Putra Ginting, SH, MH dihadapan seluruh warga Lau Tawar dengan penuh semangat.
Sementara itu, Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si dalam sambutannya menjelaskan bahwa kedatangannya adalah mendampingi reses anggota DPRD Dairi di Desa Lau Tawar sekaligus memberikan pelayanan pengurusan dokumen adminduk.
"Dokumen kependudukan saat ini sangat penting dan vital dalam segala urusan, seperti mendapat pelayanan kesehatan, asuransi kesehatan seperti BPJS, membuka buku tabungan dan sebagainya. Oleh karena itu, seluruh warga lengkap seluruh dokumen adminduknya seperti kepemilikan KTP-el, KIA untuk identitas anak-anak, akta lahir, akta perkawinan dan dokumen lainnya," tuturnya.
Dia juga mengajak agar seluruh Warga Lau Tawar untuk memanfaatkan secara maksimal pelayanan dukcapil yang hadir ditengah-tengah warga.
"Silakan seluruh warga untuk memeriksa kembali dokumen adminduk yang belum lengkap dan mengurusnya didalam pelayanan ini. Diharapkan juga Kantor Desa Lau Tawar dapat melayani warga dalam urusan dokumen adminduk dengan mempergunakan aplikasi perkebbas. Melalui aplikasi perkebbas, seluruh dokumen adminduk warga yang dibutuhkan dapat diajukan dan hasilnya dapat langsung dicetak di Kantor Desa. Inilah salah satu wujud perubahan pelayanan Pemerintah Kabupaten Dairi dibawah pemerintahan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu untuk mendekatkan dan mempermudah pelayanan ditengah-tengah masyarakat," terang Deddy.
Pada kesempatan tersebut, diserahkan dokumen adminduk secara simbolis kepada warga yang telah selesai diproses seperti Kartu Keluarga (KK) kepada Abdi Priska Sinuraya, KTP-el kepada Dwi Sabrina Karo, KIA kepada Gea Fitry Wani br Ginting, Akta Perkawinan kepada pasangan Herdianto Bangun dengan Nia Emma Natalia Pinem. Sedangkan akta lahir diserahkan kepada Nia Emma Natalia Pinem.
Hasil pelayanan jempol adminduk di Desa Lau Tawar, Kartu Keluarga (KK) sebanyak 42 dokumen, KTP-el sebanyak 36 keping, KIA sebanyak 19 keping, akta lahir sebanyak 29 akta dan akta perkawinan sebanyak 11 akta.
Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0RaQSPtDfVeoFnrnuke4pJFJSfNPCEFXg3q4BNau2TdYnvdSRUf...?