Perkebbas Dikompetisikan Dalam Lomba Inovasi Daerah Tingkat Kabupaten Dairi

25 Oct 2023     89

Sidikalang-Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Dairi Aryanto Tinambunan, SP, M.Si membuka Lomba Inovasi Daerah Tingkat Kabupaten Dairi Tahun 2023, bertempat di Balai Pertemuan Bappeda, Rabu (18/10).

Hadir sebagai dewan juri dalam perlombaan inovasi daerah, Kepala Dinas Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si, Kabag Hukum Arjun Nainggolan, SH, MH, Kabag Tapem Juliawan Rajagukguk, Sekdis Kominfo Lewijaya Keliat, SH, Peneliti Bappedalitbang Provsu Yanita. Terlihat juga penyelenggara kegiatan lomba inovasi Kabid Riset dan Inovasi Daerah Bappeda Dairi Luber Sianturi, S.Si, Apt, MM.

Dalam sambutannya, Aryanto Tinambunan mengatakan kegiatan lomba inovasi daerah ini dilakukan sebagai upaya mendorong seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Dairi termasuk Kecamatan, UPT. Puskesmas untuk memulai dan meningkatkan inovasinya untuk meningkatkan pelayanan publik lebih baik lagi.

"Kegiatan lomba inovasi ini dilaksanakan untuk menjaring inovasi yang ada disetiap OPD termasuk yang ada di Kecamatan maupun di Puskesmas. Melalui inovasi ini, pelayanan dapat lebih cepat, lebih mudah dan dampaknya benar-benar dapat dirasakan seluruh masyarakat. Inilah menjadi harapan kita bersama diselenggarakan lomba inovasi ini,"tutur Kepala Bappeda.

Dalam laporannya Kabid Riset dan Inovasi Daerah Luber Sianturi, S.Si, Apt, MM menyampaikan sebanyak 11 Perangkat Daerah Kabupaten Dairi yang mendaftarkan inovasi dan melengkapi seluruh kelengkapannya. Akan tetapi yang peserta hadir dalam sesi presentase hanya diikuti 8 perangkat daerah.

"Perlombaan inovasi ini dapat memberikan kontribusi dalam pencapaian Indeks Inovasi Daerah (IID) yang merupakan salah satu indikator keberhasilan penyelenggaran pemerintahan daerah. Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah, pelayanan publik dan sumber daya daerah,"sebut Luber Sianturi dengan penuh semangat dalam laporan kegiatannya dihadapan Dewan Juri dan peserta lomba yang hadir.

Sementara itu, Kadis Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si yang hadir sebagai salah satu Dewan Juri dalam perlombaan, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Bappeda untuk memacu pencapaian RPJMD Kabupaten Dairi yang telah memasuki tahun terakhir untuk lebih maksimal lagi.

"Hadirnya inovasi dapat menjadi pengukit dan memberikan nilai tambah sehingga adanya perubahan dalam pelayanan yang akan akan berdampak luas bagi seluruh warga. Hal -hal ini menjadi perhatian bagi para peserta lomba,"ujar Deddy.

Dalam kesempatan tersebut, terlihat Sekdis Dukcapil Dairi Rayambong S. Sitohang, ST, MAP memaparkan inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Online atau dikenal dengan perkebbas dihadapan para dewan juri dan peserta lomba yang hadir.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0qXv2HYCpKFQNuShbcbsJRLaFK1zSt7PQ2nk58TPGL1ncD8Rx92...




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB