Pengantin Baru Jemaat HKBP Perkembangan Sidikalang Terima Akta Nikah

05 Apr 2024     159

Sidikalang-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi menyerahkan akta nikah kepada pasangan pengantin baru Salomo Tiovhan Tambunan dengan Inggrid Emelia Pujiati Sinaga yang melangsungkan pernikahan di HKBP Perkembangan Sidikalang, Kamis (04/04).

Dalam kesempatan tersebut, terlihat Pendeta Nopri Adi Damanik, S.Th memberikan pemberkatan nikah kepada kedua mempelai dihadapan kedua orangtua pengantin dan jemaat gereja yang dihadir.

"Hari ini kami menyerahkan secara langsung dokumen adminduk secara lengkap kepada kedua mempelai berupa akta perkawinan, dan Kartu Keluarga (KK) serta KK orangtua pengantin pria. Inilah pelayanan dukcapil paket lengkap atau dikenal dengan layanan all in one. Satu peristiwa, berbagai dokumen adminduk diberikan,"tutur Kadis Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si dari Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Ar-Rahman Pasi, Desa Pasi Kecamatan Berampu.

Setiap warga Dairi dapat memperoleh layanan ini secara gratis dengan terlebih dahulu berkoordinasi dengan petugas Dukcapil untuk mendapatkan informasi persyaratan yang perlu dilengkapi.

"Berbagai layanan dukcapil terus dikembangkan dan ditingkatkan dengan menghadirkan pelayanan-pelayanan jemput bola seperti penyerahan akta perkawinan di gereja-gereja, rekam KTP-el di sekolah-sekolah SMA/SMK sederajat dan terhadap penduduk rentan adminduk, pemberian akta kelahiran pasca ibu bersalin dan lainnya. Ini semua dilakukan untuk mendukung terwujudkan program Dairi Gerak Cepat menuju Dairi Unggul di bawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu,"jelasnya.

Ia juga menyebutkan bahwa pelayanan dukcapil telah hadir di seluruh kecamatan, dan di seluruh Desa/Kelurahan se-Dairi yang bertujuan untuk mendekatkan layanan di tengah-tengah masyarakat. Warga dapat dengan mudah mengurus dokumen adminduk tidak seperti dulu harus ke Dinas Dukcapil Dairi yang berada di ibukota kabupaten, sidikalang.

"Mari kita urus dokumen adminduk yang belum lengkap untuk pemenuhan hak-hak konstitusional setiap Warga Negara Indonesia. Dokumen adminduk sangat penting yang dapat dipergunakan sebagai syarat mendasar untuk mendapatkan layanan lainnya seperti pengurusan BPJS, mendafatar persekolah/perkuliahan, layanan kesehatan, perbankan, perpajakan lainnya,"sebut Deddy.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://www.facebook.com/share/p/mGTaMm6wr73P1wHD/?mibextid=oFDknk?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB