Berikan Pelayanan Prima, Hari Libur, Dinas Dukcapil Dairi Serahkan Akta Pernikahan Pengantin Baru

15 Jul 2024     119

Parbuluan IV-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menyerahkan akta pernikahan pengantin baru Lamganda Tua Hasibuan dengan Rut Natasya Sianipar, yang melangsungkan pernikahan di Gereja HKBP Sigalingging, Desa Parbuluan IV, Kecamatan Parbuluan, Sabtu (13/07).

Akta pernikahan diserahkan ketika kedua mempelai telah memperoleh pemberkatan nikah dari Pendeta Zionisman Naibaho, M.Div di Gereja HKBP Sigalingging.

"Wujud pelayanan prima Dinas Dukcapil Dairi terhadap masyarakat, menyerahkan akta pernikahan ketika berlangsung pernikahan di Gereja. Kami tetap memberikan pelayanan, walaupun hari sabtu, kami tetap menyerahkan akta nikah kepada keluarga yang berbahagia", ungkap Kadis Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si.

Ia menambahkan bahwa inilah salah satu bentuk inovasi pelayanan Jempol Siturang Dinas Dukcapil Dairi bagi seluruh warga. Kemudahan dan kecepatan layanan terus dilakukan untuk membahagia seluruh masyarakat dalam memenuhi dokumen adminduk.

"Seluruh layanan yang dilaksanakan diberikan secara Cuma-Cuma atau gratis. Setiap warga yang berkeinginan mendapat layanan tersebut, terlebih dahulu berkonsultasi dengan petugas Dukcapil untuk melengkapi seluruh berkas yang diperlukan, 3 hari sebelum tanggal pernikahan", beber Deddy.

Deddy juga menjelaskan bahwa layanan ini dapat dilakukan apabila kedua mempelai atau salah satu mempelai memiliki identitas kependudukan berdomisili di Kabupaten Dairi, yang dibuktikan KTP-el atau Kartu Keluarga (KK). Berdasarkan regulasi UU No 24/2013, urusan Dukcapil saat ini telah berdasarkan domisili bukan berdasarkan perisitwa.

Tampak dalam penyerahan akta pernikahan tersebut, Petugas TPDK Parbuluan Abner Siburian bersama Anna SInambela dihadapan keluarga, jemaat dan undangan di Gereja HKBP Sigalingging.

Berita ini juga dapat dibaca di: https://www.facebook.com/share/p/WSxsq7FuTiQc3Xkz/?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB