Warga Difabel Rekam KTP-el di Dinas Dukcapil Dairi

25 Jul 2024     119

Sidikalang - Warga difabel fisik, Ray Croyesus Manik, 24 tahun, beralamat Jl. Dari NO. 29 Dusun XIV, Kelurahan Sidikalang, Sidikalang melakukan rekam biometrik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcpail) Kabupaten Dairi, Rabu (24/07).

"Hari ini kami menerima kedatangan warga yang berkebutuhan khusus, rekam biometrik sebagai syarat untuk dapat memperoleh Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau KTP-el" kata Kadis Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si disela-sela waktunya menerima warga tersebut.

Ia mengucapkan terimakasih kepada Petugas Sosial Hotler Gultom yang telah memfasilitasi warga tersebut datang untuk rekam KTP-el sehingga seluruh warga terpenuhi hak-hak sipilnya seperti kepemilikan identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk.

"Kolaborasi kami dengan Dinas Sosial Dairi dalam memenuhi hak-hak sipil warga terus kami lakukan terutama terhadap warga yang masuk dalam kelompok rentan seperti penyandang disabilitas fisik, mental dan intelektual, Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), lansia dan lainnya. Dengan dilengkapi identitas tersebut dapat dipergunakan untuk mendapatkan dimasukan dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) untuk mendapatkan berbagai layanan pemerintah seperti layanan kesehatan, bantuan sosial dan lainnya", jelasnya.

Deddy juga mengatakan bahwa instansinya juga menyediakan layanan Jemput Bola Adminduk Siap Turun Langsung atau dikenal dengan Pelayanan Jempol Siturang. Melalui layanan ini, warga dapat mengajukan permohonan melalui aplikasi https://jempolsiturang.dairikab.go.id atau datang langsung ke Dinas Dukcapil Dairi di Jalan Pandu Kelurahan Bintang Hulu, Sidikalang atau ke Petugas Dukcapil Dairi diseluruh Kecamatan Se-Dairi. Pelayanan Jempol Siturang tersebut diberikan tanpa dipungut biaya atau gratis.

Sementara itu, Petugas Sosial Dinas Sosial Dairi Hotler Gultom sangat mengapresiasi kesiapan dan kecepatan pelayanan urusan dokumen adminduk yang diberikan Dinas Dukcapil Dairi terhadap warga yang berkebutuhan khusus untuk mendapatkan KTP-el.

"Pelayanan yang diberikan sangat prima. Fasilitas bagi kelompok rentan diruang layanan sudah standar dan lengkap, mulai dari petugas yang membantu warga difabel mulai dari penjemputan dari parkir, membantu registrasi di buku tamu digital, mengantar keloket khusus, rekam KTP-el dan tersedianya kursi khusus bagi kelompok rentan.Kami juga meliat tersedia kursi roda, kamar mandi khusus, ruang laktasi, pojok baca dan rambatan di kamar mandi dan pintu masuk. Benar-benar lengkap", sebut Hotler dengan senyum senang sembari mendampingi Warga Difabel Fisik Ray Croyesus Manik melihat seluruh fasilitas yang disediakan Dinas Dukcapil Dairi.


Berita ini juga dapat dibaca di:https://www.facebook.com/share/p/GTq9xMtmb5YjxVAD/




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB