Berastagi-Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si hadir sebagai narasumber dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan bagi Petugas Administrasi Dinas Dukcapil Kabupaten Batu Bara di Green Garden Hotel, Jl. Peceren No. 30 Berastagi, Kabupaten Karo, Sabtu (07/09).
Hadir dalam acara bimtek, Penjabat Bupati Batu Bara Heri Wahyudi Marpaung, S.STP, M.AP yang diwakili Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Batu Bara Hamdan, S.Pd, M.Si, Kadis Dukcapil Batu Bara Maeda Soetopo, S.STP, M.SP diwakili Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan (PDIP) Rahmat Hidayat, SE, M.Si, Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk (Dafduk) Muharli Sano, SE, M.Si.
Sementara itu, narasumber yang hadir Kadis Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si dan Kabid PIAK dan Pemanfaatan Data Dinas PMD, Dukcapil Provinsi Sumatera Utara Yanuarlin Lubis, SE, M.Si dengan peserta seluruh jabatan fungsional dan staf Dukcapil Batu Bara sekitar 70 orang.
Penjabat Bupati Batu Bara Heri Wahyudi Marpaung, S.STP, M.AP dalam sambutannya yang dibaca Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Batu Bara Hamdan, S.Pd, M.Si mengatakan bahwa Dinas Dukcapil adalah Organisasi Perangkat Daerah yang mengurusi urusan pemerintahan bidang Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil, yang menerbitkan berbagai dokumen adminduk seperti KTP-el, Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran, akta kematian dan dokumen lainnya.
"Dengan jumlah penduduk 460.100 jiwa, pelayanan Adminduk harus lebih ditingkatkan untuk menjamin identitas dan legalitas kependudukannya. Diminta seluruh jajaran Dukcapil Batu bara untuk memberikan pelayanan prima terhadap warga seperti pelayanan diruang layanan Dukcapil, pelayanan jemput-jemput bola seperti Pak Moling, Dukcapil Sigap, Dukcapil Go to School, Sabel KIA dan pelayanan teritegrasi seperti Dukcapil Hadir di Desa, Dokter KK Go Digital dan Simpel Terpadu", sebutnya.
Ia juga menghimbau kepada seluruh jajaran Dukcapil Batu Bara untuk mendukung dan berperan aktif dalam menyukseskan pemilukada serentak Tahun 2024 dan menjaga netralitas tanpa ada keberpihakan pada salah satu calon.
Dalam paparannya yang mengambil judul Tranformasi Dukcapil Dairi Wujudkan Pelayanan Prima Membahagiakan Masyarakat, Kadis Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si menjabarkan terkait transformasi besar-besar Dinas Dukcapil Dairi dalam meningkatkan kualitas layanan urusan dokumen adminduk bagi Warga Dairi.
"Sama-sama kita ketahui, masalah dan kendala seperti banyaknya pengaduan dan keluhan masyarakat kurang keterbukaan dalam proses pelayanan, birokrasi terkesan kaku, adanya diskriminasi, capaian kepemilikan dokumen adminduk yang rendah, pelayanan adminduk yang tersentralisasi dan geografis Dairi yang berbukit-bukit diperlukan dilakukan perbaikan terus menerus mulai sistem layanan dan melakukan inovasi pelayanan untuk dapat mewujudkan Pelayanan Prima yang Membahagiakan Masyarakat", urai Kadis.
Deddy juga menjelaskan apa yang dilakukannya sejak dipindahkan kantor Dukcapil dari Jalan Rumah Sakit ke Kompleks perkantoran Jalan Pandu terus dilakukan perbaikan dan pembenahan disana sini seperti standar pelayanan, SOP, sarana dan prasarana, pengelolaan informasi dan pengaduan, penyediaan layanan call center, tim layanan adminduk online, buku tamu dan antrian terintegrasi, layanan adminduk terintegrasi, digitalisasi Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) dan lainnya.
"Pengurusan dokumen adminduk dulu dan sekarang sudah sangat jauh berbeda. Saat ini, setiap warga yang datang ke Dukcapil wajib akan disambut oleh petugas layanan, membantu warga untuk menyampaikan formulir yang dibutuhkan sesuai dengan dokumen adminduk yang diperlukan. Selanjutnya warga akan diarahkan untuk mengisi buku tamu dan mengambil antrian. Petugas akan memanggil warga tersebut secara digital, warga akan diarahkan petugas untuk menuju loket. Disana warga akan dilayani petugas untuk mencek permohonan bersama berkas pendukung, bila lengkap petugas akan proses dan warga dapat menunggu dokumen tersebut sampai selesai", urainya dengan detail.
Loket layanan Dukcapil Dairi sudah sangat sederhana seperti loket pelayanan umum, loket Customer Service (CS), loket rekam KTP-el, Loket cetak KTP-el, loket IKD, loket SKPWNI online dan loket Kadis. Tidak ada petugas layanan offiline bekerja dibelakang ruang, semua sudah didepan. Petugas yang dibelakang adalah petugas adminduk online. Seluruh layanan benar-benar sudah didepan seluruhnya. Apabila ada kendala, masyarakat akan dibantu oleh petugas CS dan apabila juga tidak dapat diselesaikan akan ditangani Kepala Bidang bahkan Kepala Dinas.
Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa pelayanan adminduk sudah bisa dilakukan di 15 Kecamatan, 161 Desa, 8 Kelurahan, RSUD Sdikalang, RS Serenapita, 18 Puskesmas, 15 KUA, Pengadilan Negeri Sidikalang, Pengadilan Agama Sidikalang, sekolah-sekolah dan rumah-rumah ibadah. Pelayanan ini dikembangkan untuk mendekatkan dan mempercepat pelayanan hadir ditengah-tengah masyarakat.
"Pelayanan adminduk ini secara mudah dan cepat tidak terlepas atas implementasi inovasi layanan perkebbas. Hadirnya Adminduk secara digital ini semakin mempercepat peningkatan capaian cakupan kepemikan dokumen adminduk. Selain itu, kualitas layanan juga semakin baik bahkan meningkat. Oleh karena itu, inovasi ini berhasil meraihJuara III dalam Lomba Inovasi Daerah Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2022", ungkap Deddy dengan penuh semangat.
Inovasi lainnya yang juga sangat membantu meningkatkan kualitas layanan dan kuantitas dokumen adminduk adalah Jempol Siturang. Jempol Siturang adalah Jemput Bola Adminduk Siap Turun Langsung yang telah berhasil meraih Juara III dalam lomba Inovasi Daerah Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2024. Inovasi sangat memberikan manfaat dan dampak yang luas bagi Warga Dairi dalam memenuhi kebutuhan dokumen adminduknya.
Setelah paparan, dilanjutkan sesi diskusi dan diakhiri dengan foto bersama Narasumber, panitia dan seluruh peserta bimtek di ruang pertemuan Green Garden Hotel.
Berita ini juga dapat dibaca di:https://www.facebook.com/share/p/yk6ipfqBPxq9Mykv/?