Inovasi Jempol Siturang Jadi Inspirasi, Pemkab Karo Kunjungi Disdukcapil Dairi untuk Studi Tiru

05 Feb 2025     570

Sidikalang-Inovasi unggulan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi, Jempol Siturang (Jemput Bola Adminduk Siap Turun Langsung), kembali menjadi sorotan. Kali ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo melakukan kunjungan studi tiru ke Dinas Dukcapil Dairi untuk mempelajari keberhasilan penerapan inovasi tersebut.

Kunjungan ini diterima langsung oleh Kepala Dinas Dukcapil Dairi, Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si, di Kantor Dinas Dukcapil Dairi, Jl. Pandu Kelurahan Bintang Hulu, Sidikalang, Selasa (04/03).

Rombongan Pemkab Karo dipimpin oleh Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappedalitbang Karo, Mara Karmina br Brahmana, ST, MT, bersama Sekretaris Dinas Pertanian Karo, drh. Herniwatu Lidia P, MIL. Turut hadir perwakilan dari 18 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), 4 Kecamatan, dan 2 Puskesmas dari Pemkab Karo.

Sebelum melakukan pertemuan dan paparan di Bappeda Kabupaten Dairi, Kadis Dukcapil Dairi mengajak rombongan Pemkab Karo untuk melihat langsung proses pelayanan di ruang layanan Dinas Dukcapil Dairi. Mereka juga meninjau sistem pelayanan yang dilakukan, baik secara offline maupun online melalui layanan Perkebbas (Pelayanan Adminduk Berbasis Online).

Pertemuan resmi kemudian dilanjutkan di Bappeda Dairi, yang diterima oleh Kepala Bappeda Dairi, Romedi Nofenta Bangun, ST, ME, bersama Kabid Riset dan Inovasi Daerah, Luber Sianturi, S.Si, Apt, MM. Dalam sambutannya, Romedi Bangun menyampaikan apresiasi atas kunjungan Pemkab Karo.

"Kami sangat bergembira atas kunjungan Pemkab Karo ke Dairi untuk melihat secara langsung inovasi unggulan kami, Jempol Siturang, dalam memberikan pelayanan dokumen adminduk secara langsung bagi warga. Semoga kegiatan ini dapat menjadi sarana bertukar informasi dan pengalaman dalam mengembangkan inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi warga," ungkap Romedi.

Dalam paparannya yang berjudul Transformasi Dukcapil Dairi Wujudkan Pelayanan Prima Membahagiakan Masyarakat melalui Inovasi Jempol Siturang, Dr. Deddy Situmorang menjelaskan latar belakang lahirnya inovasi ini.

"Banyaknya pengaduan dan keluhan masyarakat, kurangnya keterbukaan dalam proses pelayanan, birokrasi yang terkesan kaku, serta faktor geografis Kabupaten Dairi yang berbukit-bukit menjadi alasan utama dikembangkannya Jempol Siturang," jelas Deddy.

Inovasi Jempol Siturang telah meraih prestasi gemilang, antara lain Juara III Lomba Inovasi Daerah Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2024. Selain itu, inovasi Perkebbas juga meraih Juara III pada tahun 2022.

"Tujuan utama inovasi ini adalah meningkatkan kualitas layanan, cakupan kepemilikan dokumen adminduk, serta mempermudah dan mendekatkan pelayanan bagi warga, terutama bagi kelompok rentan seperti penyandang disabilitas, lansia, pasien RSU/Puskesmas, dan korban bencana sosial, bencana alam/non alam, tuntas adminduk di Desa/Kelurahan, pelayanan penyerahan akta pernikahan di gereja, pelayanan di Kantor Urusan Agama (KUA), Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama Sidikalang" tambah Deddy.

Lebih lanjut, Deddy memaparkan capaian dokumen adminduk yang telah diterbitkan melalui Jempol Siturang. Pada tahun 2020, sebanyak 13.405 dokumen berhasil diterbitkan, meningkat menjadi 40.598 dokumen pada tahun 2023, dan hingga tahun 2024 telah mencapai 15.629 dokumen.

Setelah pertemuan di Bappeda, rombongan Pemkab Karo melanjutkan kunjungan ke Kecamatan Sidikalang, Kantor Urusan Agama (KUA) Sidikalang, Desa Karing, dan RSUD Sidikalang untuk melihat langsung implementasi Jempol Siturang. Di setiap lokasi, mereka diterima oleh para pemangku kepentingan, termasuk Camat Sidikalang, Abdimar Tamba, dan Kepala KUA Sidikalang, Abdul Yajid Lingga, S.Ag., MM, Kades Berampu Mukhtar Purba dan Kasi Pemerintah Desa Berampu Erma Delisa S. Lumban Tobing, A.M.K, Sedangkan di RSUD Sidikalang diterima Kasi Pelayanan bersama Ririn Situngkir, S.Kom.

Kabid Litbang Bappedalitbang Karo, Mara Karmina br Brahmana, ST, MT, mengaku takjub dengan inovasi ini. "Kami melihat komitmen yang sungguh-sungguh dari Dinas Dukcapil Dairi dalam mengawal inovasi ini. Pelayanan yang mudah, cepat, dan dekat dengan masyarakat benar-benar memberikan dampak yang luas," ujarnya.

Dukcapil Dairi berharap, melalui studi tiru ini, inovasi Jempol Siturang dapat menginspirasi daerah lain untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik.


Berita ini juga dapat dibaca di:https://www.facebook.com/share/p/15aeoWP4Qc/




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


PENGUMUMAN



CALL CENTER



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


BULETIN



SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



NILAI SKM