IKM Triwulan I 2025 Disdukcapil Dairi, Konsistensi Pelayanan Prima Dengan Nilai 93,81 (Sangat Baik)

24 Apr 2025     63

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi membuktikan komitmennya dalam memberikan pelayanan berkualitas melalui capaian Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Triwulan I Periode Januari-Maret Tahun 2025 sebesar 93,81 dengan predikat SANGAT BAIK. Hasil ini diperoleh dari partisipasi 2.940 responden, menjadikannya sebagai tolok ukur akurat atas kualitas layanan publik di Kabupaten Dairi.

Partisipasi masyarakat dalam survei ini mencerminkan keragaman demografis dengan jumlah resposden sebanyak 2.940 orang terdiri dari 2.003 responden laki-laki (68%) dan 937 perempuan (32%), menunjukkan partisipasi aktif dari kedua kelompok.

Kelompok Usia Dominan adalah usia 31-40 tahun sebanyak 937 orang atau sebesar 32% & 21-30 tahun sebanyak 740 orang atau sebesar 25% menjadi kelompok paling aktif, mencerminkan tingginya interaksi generasi produktif dengan layanan Disdukcapil. Partisipasi lansia atau usia >61 tahun dengan jumlah sebanyak 295 orang atas sebesar 10% juga patut diapresiasi.

Berdasarkan Pendidikan, mayoritas berlatar belakang SMA dengan jumlah sebanyak 1.909 orang atau sebesar 65%, diikuti SMP sebanyak 491 orang atau sebesar 17% & SD sebenyak 299 orang atau sebesar 10%. Partisipasi pendidikan tinggi (S1/S2/S3) masih rendah sebanyak 185 orang atau sebesar 6%, menjadi catatan untuk meningkatkan keterlibatan kelompok ini di masa mendatang.

IKM mengukur 9 aspek pelayanan dengan skala 1-4, dengan rinciannya sebagai berikut :

Biaya/Tarif sebesar 3,95 dan Penanganan Pengaduan sebesar 3,93 menunjukkan transparansi biaya dan respons cepat terhadap keluhan masyarakat. Perilaku Pelaksana sebesar 3,69 mencerminkan sikap ramah dan profesional petugas.

Persyaratan, Mekanisme Prosedur, Waktu Pengelesaian, Spesifikasi Produk, Kompetensi Pelaksana, dan Sarana Prasarana semua sebesar 3,70. Nilai ini mengindikasikan perlunya penyederhanaan prosedur, peningkatan kompetensi SDM, dan perbaikan fasilitas pendukung. Rata-rata keseluruhan: 3,75 tetap mencerminkan layanan yang konsisten dan berkualitas.

"Nilai 93,81 ini adalah buah dari komitmen seluruh tim Dukcapil Dairi dalam memberikan pelayanan terbaik. Kami akan terus mempertahankan aspek unggulan seperti transparansi biaya dan penanganan pengaduan, sambil terus meningkatkan kualitas pelayanan di semua bidang," tegas Kepala Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si.

Berita ini juga dapat di baca di :https://www.facebook.com/share/p/14Dmr1j29rT/




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


NILAI SKM



PENGUMUMAN



PERSYARATAN ADMINDUK


Ketersediaan Blangko KTP
Dinas Dukcapil Kab. Dairi

Tanggal Jumlah
24-04-2025 2.500


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


CALL CENTER



BULETIN



SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT