Fokus pada Kualitas, Kadis Dukcapil Dairi Ajak Staf Tingkatkan Layanan.

08 May 2025     40

Sidikalang  Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi, Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si, melaksanakan rapat staf pelayanan offline dan online, Rabu (07/05).

Rapat ini bertujuan untuk membahas dan merumuskan langkah-langkah strategis guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, dengan target utama mencapai pelayanan prima dan cakupan kepemilikan adminduk yang 100 persen.

Rapat berlangsung di ruang kerja Kepala Dinas Dukcapil Dairi, dengan dihadiri Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran Penduduk (Dafduk) Karma Melodi Capah, ST, Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil (Capil) Hendra Purba, SH, Kabid Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Indra Simanjuntak, S.Kom, Kasubbag Umum dan Kepegawaian Santi Butar-Butar, SE serta seluruh jajaran fungsional dan staf pelayanan offline dan online.

Dalam arahannya, Dr. Deddy Situmorang menekankan pentingnya penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah disepakati bersama, sebagai pedoman untuk memberikan pelayanan yang cepat, tepat, dan berkualitas kepada setiap warga yang membutuhkan dokumen administrasi kependudukan.

Kita semua harus terus menjaga kualitas layanan kita dengan menerapkan standar pelayanan yang telah ditetapkan. Dari saat warga datang, petugas harus menyambut dengan ramah, menanyakan keperluannya, mengarahkan untuk mengisi formulir, memeriksa berkas pendukung, hingga mengarahkan ke loket untuk proses permohonan, ujar Dr. Deddy dengan penuh semangat.

Selain itu, Dr. Deddy juga menjelaskan bahwa setelah proses selesai, warga diharapkan mengisi Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) untuk mengukur dan mengevaluasi kualitas pelayanan yang diberikan petugas.

Dr. Deddy juga menegaskan bahwa disiplin kerja menjadi hal yang sangat penting dalam mencapai target pelayanan yang baik. Semua pegawai diharapkan untuk tetap menjaga kedisiplinan dalam hal waktu kehadiran, mulai tugas pelayanan, jam istirahat, hingga kembali bekerja setelah istirahat sesuai waktu yang telah ditetapkan.

Ketetapan waktu layanan adalah salah satu indikator keberhasilan pelayanan kepada warga. Selain itu, kenyamanan pelayanan juga harus dijaga, seperti kebersihan dan kerapian ruang layanan. Sarana dan prasarana yang tersedia juga perlu diperhatikan agar warga merasa nyaman, tambahnya.

Kadis Dukcapil Dairi juga mengingatkan staf untuk terus mengoptimalkan pelayanan adminduk all in one, seperti pengurusan akta lahir yang sekaligus diterbitkan dengan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Identitas Anak (KIA). Layanan serupa harus diterapkan pada pengurusan akta pernikahan, akta kematian, dan akta perceraian untuk memastikan pelayanan yang lebih efisien dan lengkap bagi warga.

Kami minta agar petugas informasi, call center Dukcapil, dan pengelola pengaduan menjalankan tugasnya secara profesional. Jika ada masalah atau kendala, segera koordinasikan dengan Kepala Bidang Pelayanan atau langsung kepada saya agar kita bisa mencari solusi yang terbaik, ungkap Dr. Deddy.

Rapat tersebut diakhiri dengan kesepakatan untuk terus berusaha meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, dengan fokus pada ketepatan waktu, kenyamanan, dan kemudahan akses untuk semua layanan administrasi kependudukan. Dinas Dukcapil Dairi berkomitmen untuk terus menghadirkan pelayanan prima yang akan membawa dampak positif bagi masyarakat dan meningkatkan kepuasan warga dalam mengakses layanan publik.





PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


NILAI SKM



PENGUMUMAN



PERSYARATAN ADMINDUK


Ketersediaan Blangko KTP
Dinas Dukcapil Kab. Dairi

Tanggal Jumlah
08-05-2025 2.500
24-04-2025 2.500


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


CALL CENTER



BULETIN



SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT