Sidikalang - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi, Dr. Deddy Situmorang, SE,
M.Si, melaksanakan rapat strategis bersama dengan staf pengelola Pelayanan Adminduk Berbasis Online (Perkebbas) dan call center, di ruang kerjanya, Senin (19/05).
Rapat ini bertujuan untuk memperkuat dan meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan yang semakin
mendekatkan Dukcapil kepada masyarakat.
Dalam rapat tersebut, Kepala Dinas Dukcapil Dairi menekankan pentingnya pelayanan yang responsif, akuntabel, serta memastikan kehati hatian dalam setiap pemrosesan dokumen administrasi kependudukan, dengan mengacu pada regulasi yang berlaku.
Sejak diluncurkannya Inovasi Perkebbas pada 1 Oktober 2020, Perkebbas telah bertransformasi menjadi sarana pelayanan adminduk yang cepat, mudah, praktis, transparan, dan akuntabel bagi warga. Layanan ini kini telah dipergunakan di 161 Desa, 8 Kelurahan, 15 Kecamatan, 18 Puskesmas, RSUD Sidikalang, RS Serenapita, 15 KUA, dan 3 Klinik Bersalin Swasta, yang semakin mendekatkan pengurusan dokumen adminduk kepada warga, ungkap Dr. Deddy Situmorang.
Pada kesempatan tersebut, Dr. Deddy Situmorang meminta kepada seluruh petugas call center dan pengelola pengaduan dan informasi untuk bekerja secara profesional, cepat, dan responsif dalam merespon setiap permohonan warga, baik secara offline maupun online. Semua informasi dan pengaduan yang masuk akan dientry dalam aplikasi untuk kemudian dimonitor dan dievaluasi setiap bulan, dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah yang ada.
Kecepatan dan ketepatan dalam memberikan informasi sangat penting. Setiap petugas pengelola layanan call center dan pengaduan harus cepat merespon permintaan warga. Jika ada kendala, kami minta agar segera berkoordinasi dengan bidang bidang terkait untuk meminta petunjuk dan menyampaikannya kepada warga dengan cepat, jelas Dr. Deddy Situmorang.
Rapat ini juga dihadiri Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk (Dafduk) Karma Melodi Capah, ST, Kabid Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Indra Simanjuntak, S.Kom, dan Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan (PDIP) Hetty Pardede, SH, yang turut mendukung program inovasi tersebut untuk semakin meningkatkan aksesibilitas layanan adminduk bagi masyarakat di seluruh Kabupaten Dairi.