Tebing Tinggi - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi, Dr. Deddy Situmorang, SE,
M.Si, melakukan kunjungan kerja ke Dinas Dukcapil Kota Tebing Tinggi pada Selasa (17/06).
Kunjungan ini bertujuan untuk mempelajari berbagai inovasi pelayanan yang telah diterapkan di Dinas Dukcapil Tebing Tinggi dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan bagi warga.
Dr.
Deddy Situmorang didampingi rombongan dari Dukcapil Dairi, yakni Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk, Karma Melodi Capah, ST, Kasubbag Umum & Kepegawaian, Santi Butar-Butar, SE, Kasubbag Keuangan, Agus Rajagukguk, S.Kom, serta beberapa staf Dukcapil Dairi lainnya.
Kunjungan ini langsung disambut Kepala Dinas Dukcapil Tebing Tinggi, Muhammad Fachry, S.STP, M.AP, yang didampingi seluruh Kepala Bidang di Dinas Dukcapil Tebing Tinggi.
Dalam sambutannya, Dr. Deddy Situmorang menyampaikan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk melihat secara langsung berbagai inovasi yang dilakukan oleh Dinas Dukcapil Tebing Tinggi dalam memberikan pelayanan adminduk kepada masyarakat.
Dinas Dukcapil Tebing Tinggi adalah salah satu Dukcapil terbaik di Provinsi Sumatera Utara, sehingga kami melakukan kunjungan ini untuk belajar bagaimana pelayanan yang dilakukan dan inovasi pelayanan yang tersedia, ujar Dr. Deddy Situmorang di hadapan Kepala Dinas Dukcapil Tebing Tinggi dan jajarannya.
Kadis Dukcapil Tebing Tinggi, Muhammad Fachry, S.STP, M.AP, dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa Dinas Dukcapil Tebing Tinggi telah memperoleh berbagai penghargaan, baik di tingkat Provinsi Sumatera Utara maupun di tingkat Nasional, atas keberhasilan dalam pelayanan publik dari Kementerian PANRB.
Kami terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan kepada warga dengan berbagai inovasi, seperti pelaksanaan pelayanan jemput bola tuntas KIA di acara Car Free Day, pelayanan ke sekolah-sekolah, pengajuan dokumen adminduk melalui WhatsApp Dukcapil, dan lainnya, ujarnya.
Fachry juga mengungkapkan bahwa saat ini Dukcapil Tebing Tinggi telah menerapkan dokumen adminduk digital, yang memungkinkan warga menerima dokumen dalam bentuk file PDF, bukan lagi dalam format fisik.
Dengan layanan ini, kami tidak hanya menghemat anggaran yang tersedia, tetapi juga mempermudah warga untuk mencetak dokumen karena dokumen tersebut telah dilengkapi dengan tanda tangan elektronik, tambahnya.
Setelah pertemuan yang penuh informasi di ruang rapat, rombongan Dukcapil Dairi diajak Kadis Dukcapil Tebing Tinggi untuk melihat langsung kondisi ruang layanan dan fasilitas lainnya di Dinas Dukcapil Tebing Tinggi. Kunjungan tersebut diakhiri dengan sesi foto bersama di ruang layanan, menandakan semakin eratnya kolaborasi antara kedua instansi dalam meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat.