Konsolidasi Internal, Kadis Dukcapil Dairi Perkuat Disiplin dan Target Penuntasan Adminduk

10 Oct 2025     106

Sidikalang - Guna memastikan pelayanan publik berjalan optimal dan memenuhi harapan masyarakat, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi, Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si
, memimpin rapat kerja internal dengan seluruh petugas layanan offline dan online.

Rapat yang berlokasi di ruang kerja Kadis Dukcapil, pada Rabu (08/10), tersebut diikuti oleh Kepala Bidang PIAK, Indra Simanjuntak, Kasubbag Umum Kepegawaian, Santi Butar-Butar, seluruh Pejabat Fungsional Dukcapil Dairi, serta seluruh petugas layanan offline dan online.

Dalam arahannya, Kadis Deddy Situmorang mengingatkan seluruh jajarannya untuk senantiasa disiplin dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab.

Ia menegaskan, tuntutan masyarakat terhadap layanan Dukcapil saat ini sangat tinggi.

Selalu saya ingatkan dan tegaskan kepada seluruh jajaran saya untuk disiplin dalam bekerja agar pelayanan prima dan penuntasan dokumen adminduk warga dapat kita wujudkan, katanya di hadapan para pegawai.

Kadis menekankan pentingnya menjaga semangat kerja dengan cermat dan hati-hati, memastikan semua pekerjaan berjalan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), regulasi, dan sistem pelayanan yang telah disepakati.

Pelayanan kita harus terus maju, jangan lagi mundur, tegasnya. Beberapa poin krusial yang menjadi perhatian bersama adalah Perbaikan biodata, khususnya data pendidikan dan pekerjaan, penuntasan kepemilikan Akta Lahir dan Kartu Identitas Anak (KIA), pengaktifan Identitas Kependudukan Digital (IKD), kewajiban mengisi Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) bagi setiap warga yang selesai menerima pelayanan, termasuk di loket informasi dan cetak KTP-el.

Dr. Deddy Situmorang juga mengingatkan bahwa kualitas pelayanan Dukcapil dipantau ketat dan dinilai oleh Kementerian PANRB, Ombudsman, dan KPK setiap tahunnya. Oleh karena itu, semua pegawai harus bekerja dengan sungguh-sungguh dan serius.

Ia juga berpesan agar setiap pegawai selalu menjaga sikap dan tutur kata dalam melayani masyarakat dengan berbagai macam karakter.

Tujuannya agar masyarakat dapat nyaman dan bahagia dalam menerima pelayanan dari Dinas Dukcapil Dairi, tutupnya.






PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


NILAI SKM



PENGUMUMAN



PERSYARATAN ADMINDUK


Ketersediaan Blangko KTP
Dinas Dukcapil Kab. Dairi

Tanggal Jumlah
24-09-2025 3.000
27-08-2025 2.500
30-07-2025 3.000
20-06-2025 4.000
22-05-2025 1.500


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


CALL CENTER



BULETIN



SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT