Seorang Warga Penyandang Disabilitas di Desa Huta Rakyat Sidikalang Rekam KTP-el

14 Aug 2021     309

Seorang warga Penyandang Disabilitas Yudi Andriko Gultom yang berdomisili di Dusun III Desa Huta Rakyat Kecamatan Sidikalang rekam Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) dari Dinas Dukcapil Dairi langsung ditempat warga tersebut, Jumat (13/08).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (dukcapil) Kabupaten Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si yang ikut dalam pelayanan rekam KTP-el tersebut menjelaskan kegiatan pelayanan yang dilakukan terhadap warga penyandang disabilitas tersebut diperoleh berdasarkan informasi dari warga setempat yang mengaku sebagai pemerhati pembangunan Dairi.

"Kami mendapat telepon, ada warga penyandang disabilitas yang bertempat tinggal di Desa Hutarakyat belum memiliki KTP-el sehingga perlu dilakukan rekam KTP langsung di tempat", ungkapnya.

Lebih lanjut, Kadis juga mengatakan bahwa sebelum tiba di Desa Huta Rakyat, Tim pelayanan terpadu Dinas Dukcapil bersama Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial baru aja selesai melaksanakan rekam KTP-el terhadap kelompok rentan penduduk khususnya kepada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan penyandang Disabilitas di wilayah Kecamatan Lae Parira.

“Ada sebanyak 12 orang yang kami kunjungi seperti 9 ODGJ, 2 penyandang disabilitas dan 1 warga biasa. Semua warga tersebut berhasil direkam KTP-elnya. Melalui rekam KTP – el tersebut, identitas warga kita terkhusus warga yang termasuk dalam Kelompok Rentan Penduduk dapat tuntas yang selanjutnya apabila memerlukan layanan kesehatan dan bantuan sosial, akan lebih mudah mengusulkannya ke Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial”, tutur Deddy yang didampingi Kabid PIAK Disdukcapil Simon Tonny Malau, S.Kom. MAP dan Morleon Steven Tambunan.

Sedangkan dari Dinas Sosial Dairi dan Dinas Kesehatan Dairi yang ikut mendampingi pelayanan tersebut Kabid Rehabilitasi Sosial Rikson B. Sihombing, S.Psi dan Ririn Hapsari, AmKL. Pelayanan ini terus kami giatkan sebagai keseriusan Pemerintah Kabupaten Dairi dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam menuntaskan seluruh dokumen kependudukan Warga Dairi termasuk kelompok rentan penduduk.

“Pelayanan di kantor maupun Jemput Bola (Jempol) terkait urusan dokumen Administrasi Kependudukan (adminduk) terus kami mantapkan agar dapat membahagiakan seluruh warga”, katanya sambil meninggalkan tempat rekam KTP-el.

Sementara itu, Isteri penyandang disabilitas Ruselly Sihombing mengaku senang atas kedatangan Dinas Dukcapil kerumahnya untuk rekam KTP-el kepada suaminya yang sakit sudah hampir 10 tahun, tidak dapat bergerak setelah mengalami kecelakaan.

“Atas kesigapan Dinas Dukcapil Dairi yang datang dan melakukan rekam KTP dirumah ini, kami sekeluarga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu atas pelayanan yang diberikan. Semoga melalui kepemilikan KTP-el ini akan memudahkan kami untuk mendapatkan layanan kesehatan dan memperoleh bantuan sosial dari pemerintah”, ujarnya dengan bahagia.




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB