Bupati Dairi Bagikan Dokumen Adminduk ke Warga Tanjung Beringin 1 Kecamatan Sumbul

03 Nov 2020     584


Sumbul (Disdukcapil Dairi) - Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu bagi dokumen Administrasi Kependudukan kepada Warga Desa Tanjung Baringin 1 Kecamatan Sumbul, Selasa (03/11/2020) bertempat di Kantor Desa Tanjung Baringin 1.

 
Hadir dalam acara pembukaan kegiatan pelayanan Jemput Bola (Jempol) Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE.,M.Si., Kadis Pertanian, Ketahanan Pangan dan perikanan Dairi Ir. Efendi Berutu, Camat Sumbul Roy Sinaga, Kapolsek Sumbul AKP Dedi Syahputra Ginting, SH, Kades Tanjung Beringin 1 Ojahan Girsang.

 
Sedangkan Kepala Desa Se – Kecamatan Sumbul yang hadir dalam kegiatan tersebut Kades Pegagan Julu II Hisar Matanari, Pj. Kades Pegagan Julu III Hiras Sianturi, Kades Pegagan Julu IX Aladin Lingga, Kades Tanjung Beringin Singanui Silalahi, Kades Dolok Tolong Baktiar Simbolon, Kades perjuangan Hotler Sihombing, Kades Sileu-leu Parsaoran Agustina Silaban, Kades Pargambiran Iruan Sagala dan Kades Panggiruan Muksin Sinaga.


Dalam sambutannya, Bupati Dairi mengatakan sebelum terpilih menjadi Bupati, salah satu keluhan atau dibutuhkan Masyarakat Dairi adalah Administrasi Kependudukan.

 
“Itu yang saya dengar, saya catat dan saya tekadkan perubahan yang lebih baik yang diharapkan masyarakat yaitu salah satunya adalah Pelayanan Administrasi Kependudukan. Dengan kerja keras seluruh pihak, maka akhirnya pada Hari Jadi Kabupaten Dairi ke 73, 1 Oktober 2020 yang lalu, satu layanan yang disiapkan Dinas Dukcapil Dairi yaitu Aplikasi Perkebbas, dimana Perkebbas merupakan singkatan dari Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Online, yang dirancang untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan Adminduk di Kabupaten Dairi”, kata Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dihadapan masyarakat Desa Tanjung Beringin 1.


Dia juga berharap apa yang telah dilakukan Pemerintah patut disyukuri seluruh Masyarakat Dairi atas kerja keras Pemerintah Daerah Kabupaten Dairi agar satu persatu permasalahan seperti permasalahan Administrasi Kependudukan dapat teratasi. Ia juga menambahkan terkait pentingnya Dokumen Administrasi Kependudukan bagi setiap warga negara yang merupakan hak setiap orang. Sering sekali diberbagai tempat, hak masyarakat itu tidak dapatkannya karena dia tidak bisa menunjukkan kelengkapan administrasi kependudukannya sehingga bantuan, dukungan dan fasilitas yang seharusnya dinikmati masyarakat tidak diperoleh. Kita tidak mau itu terjadi di Kabupaten Dairi. Oleh karena itu, kita bekerja keras agar seluruh Dokumen Administrasi Kependudukan dapat terpenuhi dengan benar sehingga apapun bantuan yang datang dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Daerah untuk Masyarakat Dairi tidak ada kendala.


Sambutan Kades Tanjung Beringin 1 Ojahan Girsang bersama Camat Sumbul Roy Sinaga dan Kapolsek Sumbul AKP Dedi Syahputra Ginting, SH menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Dairi dan rombongan Pemerintah Kabupaten Dairi yang datang melakukan kegiatan pelayanan Jemput Bola di Desa Beringin 1 Kecamatan Sumbul.


“Program yang dilakukan saat ini untuk kemajuan Kabupaten Dairi dalam wujud perubahan yang dilakukan Bupati Dairi”, ujar Kades Beringin 1.
Ia juga mengajak seluruh Masyarakat Beringin 1 untuk mempergunakan kesempatan yang baik ini dalam mengurus semua dokumen Administrasi Kependudukan yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dairi.


Dalam laporannya, Deddy Situmorang, SE.M.Si menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan pelayanan Jempol adalah untuk pemenuhan kepemilikan identitas penduduk bagi setiap pendudukan melalui penerbitan dokumen kependudukan secara cepat dan tepat khususnya di Desa Tanjung Beringin 1, Kecamatan Sumbul, untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan dan untuk mencapai target cakupan kepemilikan dokumen kependudukan di Kabupaten Dairi.


Lebih lanjut Deddy juga menjelaskan bahwa pelayanan Jempol di Desa Beringin 1 melayani seluruh pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Adapun hasil pelayanan Kartu Keluarga sebanyak 60 KK, Akta Lahir sebanyak 89 Akta , Akta kawin sebanyak 13 Akta, Akta Mati sebanyak 5 Akta, Perekaman dan Pencetakan KTP_el sebanyak 87 KTP, KIA sebanyak 266 kartu.


Setelah acara pembukaan resmi dibuka, Bupati Dairi langsung menyerahkan secara simbolis Dokumen Adminduk yang telah selesai kepada masyarakat Beringin 1, antara lain KTP kepada Helpina Morawati Naibaho, Akta lahir kepada Chrystien Tiara Sibagariang dan Gibran F.H Sianturi, Akta Kawin kepada pasangan Rotua Girsang & Desniwita Endra, Kartu Kelurga kepada Hermi Ulina Manihuruk dan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada pelajar SD dan SMP Dionisius Girsang dan Valentina Siregar .


Pejabat dan staf Dinas Dukcapil yang ikut dalam pelayanan Jempol antara lain Amudi Naiborhu, S.Sos Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk (Dafduk), Simon Tonny Malau, S.Kom, MAP Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), Hendra Imran Purba, SH Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil (Capil), Kabid PDIP Hetty Nuriaty Pardede, SH, Nurdingse Simbolon Kasi Perkawinan dan Perceraian, Hetty Malina Sitorus, SH, MAP Kasi Pindah Datang Penduduk, Rosline Munthe Kasi Identitas Kependudukan, Eliana, SH Kasi Tata Kelola, SDM dan TIK , Hendra Simare-mare, Reimon Nababan, Lely Yanti Simamora, A.Md, Pangondian Sihombing, Arwadi Manullang dan staf.




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB