Dinas Dukcapil Dairi terbitkan Akta Lahir & KIA Anak-Anak Sekolah Dasar

30 Aug 2021     332

Sidikalang (Disdukcapil Dairi) - Sebagai upaya untuk menyelesaikan seluruh dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk) Warga Dairi khususnya dokumen akta lahir dan Kartu Identitas Anak (KIA) pada anak-anak yang duduk dibangku sekolah mulai tingkat PAUD, TK, SD dan SMP se – Dairi, Dinas Dukcapil Dairi terus mempercepat penerbitkan dokumen tersebut sebagai bagian hak konstitusional anak. Demikian dijelaskan Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si dari ruang kerja di Dinas Dukcapil Dairi Jl. Pandu Kelurahan Bintang Hulu Sidikalang, Senin (30/08).

"Penuntasan dokumen ini sudah menjadi janji Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu kepada Warga Dairi yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Dairi Tahun 2019-2024. Oleh karena itu, Dinas Dukcapil bertanggung jawab penuh untuk mewujudkan janji tersebut," ujarnya.

Lebih lanjut, Dia juga mengatakan bahwa khusus untuk anak-anak yang masuk dalam usia didik, Dinas Dukcapil Dairi telah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Dairi dalam percepatan penerbitan Akta Kelahiran dan KIA yang ditandatangani pada awal Tahun 2021 yang lalu.

"Kadis Pendidikan Dairi Drs. JW Purba telah mengintruksikan kepada seluruh kasek PAUD, TK, SD dan SMP se-Dairi untuk memeriksa kembali dokumen adminduk anak-anak didiknya masing-masing sekolah dan apabila ditemukan masih belum lengkap dapat melengkapi dokumen persyaratan untuk diproses dan diterbitkan Dinas Dukcapil akta lahir dan KIAnya," jelas Deddy.

Sementara itu, salah seorang Kepala Sekolah (Kasek) SD Negeri 030292 Lae Hole Mutiara Kudadiri, S.Pd.SD yang menerima 156 Keping KIA dari ruang pelayanan dukcapil mengapresiasi kinerja Dinas Dukcapil Dairi dalam menuntaskan seluruh dokumen yang diajukan.

"Kami menyambut baik dan apresiasi atas percepatan penerbitan dokumen adminduk ini. Upaya ini adalah salah satu wujud perubahan yang diharapkan seluruh masyarakat. Urusan adminduk tidak lagi sulit, berbelit-belit dan memakan waktu lama. Kami sudah merasakan kemudahan dalam berurusan dengan Dukcapil. Visi Dairi Unggul, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu semakin nyata dan dirasakan masyarakat,"  ungkapnya sambil berlalu meninggalkan kantor tersebut.

Kasek yang menerima dokumen akta lahir dan KIA seperti Kasek SD Negeri 030340 Tanjung Beringin Rostauli Sinaga, SH, menerima 97 Keping KIA, Plh. Kasek SD Negeri 030298 Simallopuk Martua Justinus Sinaga menerima 26 Akta lahir, Kasek SD Negeri 030293 Lae Hole Rindu Waty Purba menerima 32 Keping KIA, Kasek SD Negeri 030346 Hutagugung Yanto F Nainggolan menerima 76 Keping KIA, Kasek SD Negeri 030345 Hutagugung Nemy Lingga menerima 89 Keping KIA dan Kasek SD Negeri 030316 Sukandebi John Simon Sinulingga menerima 19 Akta lahir.

Pejabat Dinas Dukcapil Dairi yang ikut menyerahkan Sekdis Rayambong S. Sitohang, ST, MAP, Kabid Dafduk Amudi Baiborhu, S.Sos, Kasi Identitas Penduduk Rosline Munte, Kasi Kelahiran Yohanna Pratedina Ketaren, Kasi Inovasi Pelayanan Listra Pasaribu, SE.




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB