Wakil Bupati Dairi Tinjau Pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Dairi

03 Sep 2021     311

Sidikalang, Disdukcapil Dairi - Wakil Bupati Dairi Jimmy Andrea Lukita Sihombing, SH melakukan kunjungan kerja ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi. Kunjungan kerja tersebut dilakukan untuk meninjau langsung pelayanan dokumen kependudukan, Kamis (02/09).
Dalam kunjungannya, Wabup Dairi Jimmy Andrea Lukita Sihombing, SH disambut Kepala Dinas Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si didampingi Sekretaris Dinas Rayambong Sitohang, ST, MAP, Kabid Dafduk Amudi Naborhu, SE, Kabid PIAK Simon Tonny Malau, S.Kom MAP, Kabid Capil Hendra Imran Purba, SH dan Kabip PDIP Hetty Nuriaty Pardede, SH.


Dalam keterangannya, Wabup Dairi mengatakan kedatangannya ke Dinas Dukcapil adalah untuk meninjau pelayanan yang diberikan instansi ini dalam memberikan pelayanan masyarakat khususnya dalam urusan dokumen kependudukan.

“Sebelumnya pelayanan urusan dokumen kependudukan sulit sehingga warga yang datang berurusan akan menumpuk mulai dari ruang pelayanan bahkan sampai keluar gedung. Itu terjadi di kantor lama dan saat ini pelayanan di kantor baru sudah sangat berubah draktis”, ujarnya.

Lebih lanjut Dia mengatakan bahwa saat ini pelayanan sudah sangat baik. Masyarakat tidak lagi mengantri dan semua layanan lebih cepat dan lebih mudah.

"Saya saksikan sendiri, hanya beberapa masyarakat yang datang mengurus dokumennya. Minimnya masyarakat mengurus dokumen ke Dinas ini, karena telah dibukanya pelayanan di kantor Kecamatan sehingga pelayanan semakin dekat dengan warga", ungkapnya.

Menurut Wabup, inilah perubahan kerja dan perubahan pelayanan yang kami janjikan kepada seluruh warga kami. Semoga pelayanan ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan sehingga masyarakat dapat merasakan hadirnya pemerintah melayani warganya dengan baik.

Wakil Bupati Dairi juga berpesan kepada Kadis Dukcapil Dairi untuk menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan Dairi dalam mempercepat penerbitan akta lahir dan Kartu Identitas Anak (KIA) karena dokumen tersebut sangat vital dan penting untuk masa depan anak-anak tersebut.

“Kita mengharapkan kedepan, ketika anak tamat dari Sekolah Dasar (SD), ijasah yang diterbitkan, nama dan identitas lainnya yang tertulis dalam ijasah tersebut sudah sesuai dengan akta lahir tersebut sehingga tidak lagi ditemukan permasalahan perbedaan nama dan sebagainya”, harap Wabup.

Sementara itu, Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si dari ruang pelayanan mengatakan bahwa kunjungan Wakil Bupati Dairi ke kantornya memberikan semangat dan motivasi bagi seluruh pejabat dan staf untuk memberikan pelayanan lebih baik lagi kepada masyarakat.

“Sebelumnya Wabup Dairi memberikan arahan kepada kami dan seluruh pejabat eselon III terkait percepatan penerbitan akta lahir dan KIA. Diharapkan pendaftaran siswa/i baru mempersyaratkan dokumen tersebut”, tutur Kadis Dukcapil.

Selain itu, Wabup juga berpesan kepada Kadis Dukcapil untuk melayani dengan tulus dan terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan dukcapil lebih baik lagi serta merangkul seluruh ASN Dinas Dukcapil untuk dapat mencapai tujuan bersama yakni Dairi Unggul.

Salah seorang perangkat Desa, Boru Ujung yang berdialog langsung dengan Wakil Bupati Dairi mengatakan bahwa pelayanan Dinas Dukcapil sudah banyak perubahan. Semua mudah dan cepat urusannya. Kami sangat terbantu dalam segala urusan dokumen kependudukan.

“Sepanjang persyaratan lengkap, dokumen yang akan kami urus seperti penambahan anggota dalam KK, pencetakan KTP yang rusak, pembuatan akta lahir, akta kawin dan surat pindah, semua cepat prosesnya. Selain itu, Pelayanan pengaduan juga tersedia, memudahkan kami untuk berkonsultasi seluruh urusan terkait Administrasi Kependudukan”, ungkapnya dengan senyum.

Setelah pertemuan dari ruang Kadis Dukcapil Dairi, Wabup Dairi berkesempatan keliling kesetiap ruang di Dinas Dukcapil. Sebelum meninggalkan instansi tersebut, seluruh pejabat dan staf di lingkungan Dinas Dukcapil Dairi foto bersama dengan Wakil Bupati Dairi.




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB