Jemput Bola Administrasi Kependudukan Dairi Kunjungi Desa Simartugan Pegagan Hilir

27 Sep 2021     683

Simartugan (Dukcapil Dairi) - Pelayanan Jemput Bola (Jempol) terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Dairi untuk mendekatkan pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil sampai kepada masyarakat sekaligus untuk menuntaskan seluruh dokumen kependudukan warga Dairi sesuai dengan visi misi Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu dalam mewujudkan Dairi Unggul.

Desa Simartugan Kecamatan Pegagan Hilir adalah Desa ke-35 yang dikunjungi pemerintah dalam kegiatan Jempol, dimana target kunjungan pelayanan pada tahun ini sebanyak 43 desa.

Diharapkan seluruh warga Simartugan memanfaatkan pelayanan ini untuk menuntaskan dokumen kependudukan yang diperlukan. Pelayanan yang diberikan hari ini mulai dari pengurusan Kartu Keluarga (KK), perekaman dan pencetakan KTP-el, Akta Kelahiran, Akta Perkawinan, Akta Kematian dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Demikian disampaikan Bupati Dairi dalam sambutannya yang dibacakan Kadis Dukcapil Kabupaten Dairi Deddy Situmorang dihadapan warga Simartugan dalam kegiatan jemput bola yang dipusatkan di Kantor Desa Simartugan, Senin (27/09).

Lebih lanjut, dia juga mengatakan menindaklanjuti UU No. 24/2013 tentang Perubahan atas UU No.23/2006 tentang Administrasi Kependudukan dan Permendagri No. 19/2018 tentang peningkatan kualitas layanan administrasi kependudukan, pemerintah wajib memfasilitasi peningkatan layanan adminduk, sehingga pelayanan jempol adalah salah satu upaya Pemkab Dairi dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi kependudukan.

Kepala Desa Simartugan Alliber Kaloko dalam sambutannya mengatakan bahwa pelayanan jempol yang dilaksanakan hari ini telah diinformasikan sebelumnya kepada seluruh warga, sehingga diminta untuk mempergunakan kesempatan ini dalam menyelesaikan dokumen yang diperlukan.

"Dinas Dukcapil telah hadir ditengah-tengah kita untuk memberikan pelayanan, mari manfaatkan kesempatan ini. Jangan ada lagi warga tidak memiliki identitas diri. Kesempatan ini sangat berharga," ajak Kades kepada warganya dengan penuh semangat.

Sementara itu, Camat Pegagan Hilir Abdimar Jahotlen Tamba, S.Sos yang juga hadir dalam pelayanan tersebut mengapresiasi pelayanan yang diberikan Dinas Dukcapil kepada warganya terkhusus warga Simartugan.

"Pelayanan jemput bola ini merupakan pelayanan tertinggi yang diberikan pemerintah kepada warga karena pemerintah langsung tangan memberikan pelayanan kepada warganya. Diharapkan melalui pelayanan ini, manfaatnya dapat dirasakan. Permasalahan dan kendala yang selama ini, dapat terselesai dengan cepat," ungkap Camat Pegagan Hilir.

Disela-sela pelayanan tersebut, dilakukan penyerahan secara simbolis dokumen yang telah terbit kepada warga seperti Kartu Keluarga (KK) kepada Muhammad Taufiq Situmorang, KTP-el kepada Lois Isnawati Siburian, Akta kelahiran kepada Umirah Kaloko, Akta Kawin kepada pasangan suami-isteri Edisco Kaloko dan Tiarma Manik.

Selesai pelayanan, Kadis Dukcapil Dairi menjelaskan hasil pelayanan di Desa Simartugan antara lain pencetakan KK sebanyak 34 lembar, rekam KTP-el sebanyak 10 orang, cetak KTP-el sebanyak 41 keping, cetak Akta Lahir sebanyak 61 lembar, akta kawin sebanyak 7 lembar dan rekam KIA sebanyak 75 orang, cetak KIA sebanyak 192 Keping.




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB