Pelayanan Jemput Bola ke 36 Berlanjut ke Desa Lingga Raja Pegagan Hilir

29 Sep 2021     685

Lingga Raja (Dukcapil Dairi) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi melaksanakan kegiatan pelayanan Jemput Bola (Jempol) di Desa Lingga Raja Kecamatan Pegagan Hilir yang dipusatkan di kantor Desa Lingga Raja, Rabu (29/09).

Hadir dalam kegiatan pelayanan tersebut Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu yang diwakili Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si, Camat Pegagan Hilir Abdimar Jahotlen Tamba, S.Sos, Kades Lingga Raja Oloan Lingga, tim jempol Disdukcapil, perangkat desa, kepala dusun dan warga Lingga Raja.

Dalam arahannya, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng ate Berutu mengatakan dalam sambutan tertulisnya, Pemerintah Kabupaten Dairi terus turun mengunjungi warga dari desa ke desa, memberikan pelayanan langsung menuntaskan seluruh dokumen kependudukan.

"Dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK), KTP-el dan dokumen lainnya merupakan dokumen yang sangat penting dan mendasar dalam segala urusan seperti mendapat pelayanan kesehatan di puskesmas, Rumah Sakit, vaksinasi, pengurusan BPJS, pembuka tabungan dan lainnya," ungkapnya.

Untuk menuntaskan kepemilikan dokumen kependudukan dimasyarakat, selain pelayanan telah tersedia di Dinas Dukcapil, kantor-kantor camat, kantor desa, kantor kelurahan, pelayanan jemput bola juga terus digiatkan agar identitas diri dan dokumen lainnya dapat dipenuhi.

"Ini adalah salah satu perubahan yang saat ini dirasakan masyarakat, dimana segala pengurusan dokumen kependudukan lebih dekat, lebih mudah dan lebih cepat. Janji yang pernah disampaikan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, sudah dapat dirasakan dan dinikmati warga Dairi," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Lingga Raja Oloan Lingga dalam sambutan selamat datangnya mengatakan menyambut gembira atas kedatangan tim Jemput Bola dari Dinas Dukcapil ke desa dalam menyelesaikan seluruh dokumen kependudukan warganya.

"Kami sangat bersyukur dan berterimakasih atas kunjungan Dinas Dukcapil untuk menuntaskan kelengkapan dokumen kependudukan warga karena masih banyak warga dokumen warganya belum lengkap dokumennya. Diminta seluruh warga untuk mempersiapkan seluruh persyaratan yang diperlukan sehingga tidak sulit petugas memproses dokumen yang diperlukan," ajak Kades.

Dia juga menghimbau agar seluruh masyarakat yang hadir dalam pelayanan ini untuk mengikuti dan mematuhi protokol kesehatan dan warga diminta tertib dalam memasukkan permohonannya.

Di lokasi pelayanan jempol, Camat Pegagan Hilir, Abdimar Jahotlen Tamba, S.Sos mengapresiasi kunjungan dinas Dukcapil ke daerahnya dalam beberapa hari ini untuk menyelesaikan seluruh dokumen warganya.

"Pelayanan jempol yang sebelumnya dilaksanakan di Desa Simartugan lanjut ke Desa Lingga Raja adalah wujud pelayanan prima yang diberikan Pemerintah Kabupaten Dairi di kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu kepada warganya agar kebutuhan akan dokumen adminduk dapat terpenuhi dengan baik. Kami juga berharap agar desa-desa lain di Kecamatan Pegagan Hilir mendapat kunjungan jempol," harap Camat Pegagan Hilir.

Disela-sela pelayanan berlangsung, dilaksanakan penyerahan dokumen adminduk secara simbolis kepada Warga Lingga Raja seperti KTP-el kepada Eneng Heny Rianti, Akta Kelahiran kepada Grecella Anastasya Manurung, KK kepada Juperdi Lumban Gaol, Kartu Identitas Anak (KIA) kepada Gabriel Delvin Girsang dan Akta Perkawinan kepada pasangan suami isteri Pilman Alber Ambarita dan Rasta Suranta Munte.

Kepala Dinas Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si menjelaskan hasil pelayanan yang dilaksanakan, Kartu Keluarga sebanyak 33 lembar, Rekam KTP-el sebanyak 33 orang, Cetak KTP-el sebanyak 68 keping, Rekam KIA sebanyak 144 orang, Cetak KIA sebanyak 264 keping, Akta Kelahiran sebanyak 85 lembar, Akta Perkawinan sebanyak 22 orang.




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB