Tuntaskan Adminduk Anak-Anak, Kadis Dukcapil Serahkan KIA dan Akta Lahir

28 Sep 2021     474

Sidikalang (Dukcapil Dairi) - Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi terus bekerja menuntaskan penerbitan dokumen kependudukan seluruh warga Dairi terkhusus anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah. Dokumen yang akan dituntaskan seperti akta lahir dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Upaya yang dilakukan untuk menuntaskannya seperti melakukan kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi dalam percepatan penerbitan akta lahir dan KIA. Melalui kerjasama tersebut, dinas pendidikan akan menginstruksikan kepada seluruh sekolah mulai dari PAUD, TK, SD dan SMP untuk selanjutnya melengkapi persyaratan yang dibutuhkan dan menyampaikannya ke Dinas Dukcapil.

Demikian disampaikan Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si selesai menyerahkan akta lahir dan KIA kepada beberapa kepala SD dan SMP di ruang pelayanan Dinas Dukcapil Dairi, Jalan Pandu Kelurahan Bintang Hulu Sidikalang, Selasa (28/09).

Katanya lagi, bahwa pelayanan dokumen Dukcapil sudah semakin dekat dan cepat melalui hadirnya pelayanan di kantor camat, kantor desa dan kantor kelurahan. Instansi tersebut sudah dapat melayani warga seperti pelayanan pembuatan, perubahan, penambahan KK, akta kelahiran, akta kematian, Surat Keterangan Pindah WNI (SKPWNI). Khusus perekaman, penggantian KTP-el karena hilang dan rusak dapat dilakukan di kantor camat.

"Saat ini, anak yang lahir di RSUD Sidikalang dan Puskesmas se-Dairi ketika pulang akan mendapatkan akta lahir anak dan perubahan Kartu Kelurga (KK) atas penambahan anggota keluarga karena kelahiran anak. Inilah perubahan pelayanan yang dijanjikan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu kepada warganya untuk membahagiakan warga Dairi dalam mewujudkan Dairi Unggul," ujar Kadis sambil berjalan menuju ruang kerjanya.

Dokumen yang diserahkan antara lain 21 lembar akta lahir dan 30 keping KIA kepada SD Negeri 035948 Gulangan, 77 keping KIA kepada SMP Negeri 2 Siempat Nempu dan 25 Keping KIA kepada SMP Swasta Nusantara Tigalingga.

Terlihat pejabat Dinas Dukcapil yang ikut menyerahkan dokumen tersebut, Sekretaris Dinas Rayambong S. Sitohang, ST, MAP, Kasi Identitas Penduduk Rosline Munte dan Kasi Kelahiran Yohanna Pratedina Ketaren, SE.




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB