Program Jemput Bola Adminduk Dairi Singgahi Desa Laksa Pegagan Hilir

05 Oct 2021     789

Laksa (Dukcapil Dairi) - Untuk mewujudkan Dairi Unggul dalam memenuhi seluruh dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk) Warga Dairi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi terus turun ke desa-desa se-Dairi menemui langsung warganya. Selain di Dinas Dukcapil, pelayanan dokumen kependudukan telah tersedia juga di kantor camat se-Dairi dan diharapkan melalui tersedianya aplikasi Perkebbas, kantor desa se-Dairi dapat juga melayani warganya sehingga pelayanan dapat lebih dekat lagi dengan warga.

Hal tersebut dikatakan Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si di hadapan warga Desa Laksa dalam kegiatan pelayanan Jemput Bola Adminduk bersama kegiatan Reses II Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Dairi di Desa Laksa Kecamatan Pegagan Hilir yang dipusatkan di halaman kantor Desa Laksa, Selasa (05/10).

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua DPRD Dairi Halvensius Tondang, Anggota DPRD Dairi Lamhot E. Munthe, Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si, Camat Pegagan Hilir Abdimar Jahotlen Tamba, S.Sos, Kepala Desa Laksa Makmur Maibang, Perangkat Desa, BPD, tim Jempol Dukcapil dan warga Laksa.

Lebih lanjut Kadis mengatakan bahwa pelayanan Jemput Bola atau dikenal dengan Jempol adalah program andalan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam menuntaskan dokumen kependudukan warga.

"Ini perubahan pelayanan yang dijanjikan Bupati Dairi Dr.Eddy Keleng Ate Berutu. Pemerintah harus turun tangan langsung melayani warga yang membutuhkan pelayanan khususnya urusan dokumen kependudukan. Oleh karena itu, diminta seluruh warga untuk memeriksa dokumen yang belum lengkap agar pada kesempatan ini semuanya dapat tuntas untuk selanjutnya dipergunakan di berbagai urusan," ungkapnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Dairi Lamhot E. Munthe pada acara pembukaan kegiatan reses mengapresiasi keikutsertaan Dinas Dukcapil ikut dalam memberikan pelayanan dokumen kependudukan.

"Pada Kegiatan reses ini, kami mengajak Dinas Dukcapil untuk memberikan pelayanan dokumen kependudukan diharapkan seluruh dokumen warga Desa Laksa ini tuntas. Jangan ada lagi warga yang tidak memiliki identitas dan dokumen kependudukan," ajak Lamhot.

Kepala Desa Laksa Makmur Maibang dalam sambutan selamat datangnya menjelaskan di hadapan warganya bahwa kegiatan reses DPRD Dapil IV dirangkaikan juga pelayanan Jemput Bola dari Dinas Dukcapil.

"Inilah enaknya pelayanan jemput bola, dimana selama ini dalam urusan dokumen kependudukan warga atau melalui perangkat desa harus datang ke Dinas Dukcapil, tapi saat ini sudah dipermudah dengan hadirnya Dinas Dukcapil telah hadir memberikan pelayanan. Diminta kepada seluruh warga untuk melengkapi seluruh persyaratan yang dibutuhkan agar semua cepat diproses," tutur Kades dengan penuh semangat kepada warganya.

Camat Pegagan Hilir Abdimar Jahotlen Tamba, S.Sos mengatakan bahwa Warga Desa Laksa dapat berbangga karena Desa ini mendapat pelayanan Jempol dari Dinas Dukcapil karena berdasarkan jadwal yang disampaikan hanya dua desa dalam tahun ini yang mendapat pelayanan Jempol.

"Pelayanan Jempol hari ini terlaksana atas prakarsa dari Pimpinan dan Anggota DPRD Dairi yang dirangkaikan dalam kegiatan reses Anggoata DPRD Dairi. Mari seluruh masyarakat memanfaatkan momen yang baik ini. Semua warga diminta untuk tertib, tidak berdesak-desakan karena seluruh warga akan terlayani dengan baik," harap Camat Pegagan Hilir.

Dalam kegiatan tersebut, diserahkan secara simbolis dokumen adminduk kepada warga Desa Laksa seperti Akta Lahir kepada Leoni Love Nia Naibaho, Mei Nadeak, Regita Sari Sihite, Winda Sastra Sihite, Kartu Keluarga (KK) kepada Sampe Maniuruk, KTP-el kepada Nandir Sihite, Verodika Panggabean dan KIA kepada Malumta Sitanggang.

Diakhir pelayanan, Kadis Dukcapil menjelaskan hasil pelayanan yang dilaksanakan di Desa Laksa antara lain Kartu Keluarga sebanyak 29 lembar, Rekam KTP-el sebanyak 10 orang, Cetak KTP-el sebanyak 63 keping, Rekam KIA sebanyak 96 orang, Cetak KIA sebanyak 167 keping, Akta Kelahiran sebanyak 78 lembar, Akta Perkawinan sebanyak 26 orang.




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB