Warga Sipoltong Mendapat Pelayanan Jemput Bola Adminduk Dinas Dukcapil Dairi

04 Oct 2021     556

Sipoltong (Dukcapil Dairi) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi sukses melaksanakan kegiatan Pelayanan Jemput Bola (Jempol) Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Desa Sipoltong Kecamatan Siempat Nempu Hulu, bertempat di Balai Desa Sipoltong, Senin (4/10).

Selain pelayanan Jempol Adminduk, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Dairi juga hadir memberikan program Gemar Membaca berupa penyediaan buku-buku bacaan.

Hadir dalam kegiatan pelayanan tersebut Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu yang diwakili Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Dairi Fatimah Boang Manalu, S.Pd,SD, M.Si yang diwakili Kasi Pengembangan dan Pembudayaan Gemar Membaca Nainggolan, Camat Siempat Nempu Hulu Iis Hamidah Ujung, S.Sos, MAP yang diwakili Kasi Tata Pemerintahan Pantun Sianturi, Kepala Desa Sipoltong Hobbi Calces Angkat, Tim Jempol Dinas Dukcapil, perangkat desa dan warga Sipoltong.

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si mengatakan dalam upaya menuntaskan cakupan dokumen kependudukan, program jemput bola terus dilakukan ke desa-desa se-Dairi, menemui langsung warga desa.

"Program Jempol Adminduk sudah memasuki pelayanan ke 37 dari 43 desa yang ditetapkan sebagai target pelayanan dalam Tahun 2021. Program jempol adalah program unggulan yang terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Dairi untuk mendekatkan pelayanan sampai kepada masyarakat sehingga tepat sasaran," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan Jempol ini adalah salah satu upaya mewujudkan Dairi Unggul dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, bekerja dalam menuntaskan seluruh dokumen adminduk seluruh warga.

Diharapkan juga kantor desa sudah dapat melayani warga dalam pengurusan dokumen kependudukan melalui aplikasi Perkebbas sehingga pelayanan dapat lebih dekat lagi dan lebih mudah. Dokumen yang dapat diterbitkan di kantor desa antara lain kartu keluarga, akta lahir, akta kematian, SKPWNI dan permohonan dokumen lainnya.

Sementara itu, sambutan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Dairi Fatimah Boang Manalu, S.Pd,SD, M.Si yang diwakili Kasi Pengembangan dan Pembudayaan Gemar Membaca, Nainggolan mengatakan bahwa Dinas Perpustakaan ikut memberikan pelayanan Jempol khususnya menyediakan bahan-bahan bacaan untuk dimanfaatkan masyarakat menambah wawasan dan pengetahuan.

"Sembari menunggu berkas diproses, seluruh warga Sipoltong dapat membaca buku-buku yang kami sediakan. Kami juga mengajak seluruh warga untuk mendaftar menjadi anggota perpustakaan kabupaten untuk meminjam buku-buku di perpustakaan kabupaten," himbaunya.

Selanjutnya, Camat Siempat Nempu Hulu Iis Hamidah Ujung, S.Sos, MAP yang diwakili Kasi Tata Pemerintahan Pantun Sianturi mengatakan bahwa pelayanan Jempol telah dilaksanakan di beberapa desa di Kecamatan Siempat Nempu Hulu dan pada hari ini dilaksanakan di Desa Sipoltong.

"Mari seluruh warga Sipoltong untuk memanfaatkan kesempatan ini untuk menyelesaikan seluruh dokumen yang belum lengkap dan bagi masyarakat yang belum mengetahui kegiatan ini untuk mengajak warganya datang dalam pelayanan ini," ajak Kasi Tapem Kantor Camat Siempat Nempu Hulu.

Kepala Desa Sipoltong Hobbi Calces Angkat dalam sambutan selamat datang mengaku gembira atas kedatangan Dinas Dukcapil dalam memberikan pelayanan pengurusan dokumen Adminduk di desanya.

"Hari ini telah hadir di tengah-tengah kita, Dinas Dukcapil yang akan memberikan pelayanan dokumen kependudukan kepada kita semua. Pelayanan yang diberikan antara lain pencetakan kartu keluarga, KTP, akta lahir, akta kawin dan dokumen lainnya. Semua dokumen yang dimasukkan akan diselesaikan Dinas Dukcapil hari ini," ujar Kades kepada warganya.

Disela-sela pelayanan, dilaksanakan penyerahan dokumen adminduk secara simbolis kepada warga Sipoltong seperti akta kelahiran kepada Rico Suranta Tarigan dan Demak Pardede dan kartu keluarga kepada Makdin Kaban.

Diakhir pelayanan, Kadis Dukcapil menjelaskan hasil pelayanan di Desa Sipoltong, kartu keluarga sebanyak 33 lembar, rekam KTP-el sebanyak 25 orang, cetak KTP-el sebanyak 45 keping, rekam KIA sebanyak 198 orang, cetak KIA sebanyak 225 keping, akta kelahiran sebanyak 65 lembar, akta perkawinan sebanyak 31 orang.




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB