Dinas Dukcapil Dairi Serahkan Akta Perkawinan pada Kedua Mempelai Jemaat HKBP Sidikalang II

15 Nov 2021     494

Sidikalang (Dukcapil Dairi) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi terus membagikan dokumen administrasi kependudukan kepada seluruh warga seperti pada acara perkawinan pasangan pengantin baru Toman Gultom dengan Nova Delima Marbun yang berlangsung di HKBP Sidikalang II, Senin (15/11).

Dokumen akta perkawinan tersebut diserahkan Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si yang diwakili Kasi Perkawinan & Perceraian Nurdingse Simbolon ketika Pemuka agama kristen Pdt. E.M.B. Nababan, S.Th selesai memberkati kedua pasangan tersebut dihadapan kedua keluarga dan seluruh jemaat yang hadir di Gereja tersebut.

Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si dalam keterangannya dari ruang kerjanya menjelaskan bahwa instansinya terus melakukan pelayanan jemput bola seperti penyerahan dokumen akta perkawinan kepada pasangan pengantin baru yang melangsungkan pernikahan di Gereja.

"Kami telah menjalin kerjasama dengan beberapa gereja di Sidikalang dalam percepatan penerbitan dokumen kependudukan khususnya akta perkawinan yang diharapkan pelayanan dapat lebih dekat dan langsung dirasakan warga sehingga perwujudan Dairi Unggul dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu benar-benar dapat dirasakan", ujarnya.

Dokumen yang diserahkan tidak saja akta perkawinan, tapi diserahkan juga Kartu Keluarga (KK) dan KTP-el kepada kedua pengantin. Selain itu, KK baru juga diterbitkan terhadap kedua orangtua pengantin karena kedua mempelai telah keluar dari KK orangtuanya.

Penyerahan dokumen ini disebut dokumen adminduk paket lengkap mulai dari Akta Perkawinan, Kartu Keluarga dan KTP-el pengantin beserta Kartu keluarga kedua orangtua pengantin.

Lebih lanjut, Kadis Dukcapil juga menjelaskan bahwa pelayanan Jemput Bola atau dikenal dengan Pelayanan Jempol adalah program prioritas Pemerintah Kabupaten Dairi dalam mendekatkan dan menghadirkan pemerintah ditengah-tengah masyarakat. Mari seluruh warga memanfaatkan program ini untuk melengkapi seluruh dokumennya.

"Pelayanan dukcapil juga tersedia di seluruh kecamatan se-Dairi untuk melayani kebutuhan dalam melengkapi dokumen adminduk. Pasca melahirkan di RSUD Sidikalang dan Puskesmas se-Dairi, seorang ibu yang melahirkan di lokasi tersebut akan membawa pulang akta kelahiran anak, KK perubahan karena bertambah anak dan Kartu Identitas Anak (KIA). Ini menjadi komitmen kami untuk terus mendekatkan pelayanan kepada masyarakat", ungkapnya.




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB