Selamat Berbahagia! Pangondian Sihombing, Pegawai Dukcapil Dairi Terima Akta Perkawinan Langsung

11 Nov 2021     384

Sidikalang, (Dukcapil Dairi) - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si serahkan akta perkawinan kepada pasangan pengantin baru Pangondian Sihombing dengan Samaria Lumban Gaol di Wisma HKBP Hutarakyat Sidikalang, Kamis (11/11). Kedua mempelai tersebut melangsungkan perkawinan di Gereja Katholik Maria Pertolongan Orang Kristen dihadapan pemuka agama Katholik RP. Yohanes Paulus Bapa, O. Carm.

Dalam keteranganya dari wisma HKBP Hutarakyat, Kadis Dukcapil Dairi menjelaskan bahwa penyerahkan akta perkawinan ini adalah upaya meningkatkan kualitas layanan dukcapil dan menuntaskan seluruh dokumen administrasi kependudukan warga.

"Dinas Dukcapil terus berupaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat seperti melakukan penyerahan akta perkawinan langsung kepada warga yang melangsungkan pernikahan digereja. Pelayanan ini kami terus laksanakan untuk memenuhi kebutuhan warga terkait dokumen kependudukan", ujar Kadis.
Salah satu program prioritas Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam mewujudkan Dairi Unggul adalah menuntaskan cakupan kepemilikan dokumen kependudukan seluruh Warga Dairi.

Berbagai upaya dilakukan Dinas Dukcapil untuk dapat memberhasilkan visi misi tersebut seperti melakukan pelayanan jemput bola ke desa-desa termasuk kepada penduduk yang termasuk dalam kelompok rentan adminduk. Penyediaan aplikasi perkebbas untuk pelayanan adminduk berbasis online. Pelayanan di Kantor-Kantor Camat, Kantor Desa dan Kelurahan dan melibatkan RSUD Sidikalang, UPT. Puskesmas untuk menerbitkan akta kelahiran pasca ibu selesai bersalin.

Lebih lanjut, Kadis dukcapil Dairi menjelaskan bahwa mempelai laki-laki Pangondian Sihombing yang melangsung pernikahan hari ini adalah pegawai Dinas Dukcapil Dairi yang sehari-hari bekerja sebagai operator yang mencetak dokumen-dokumen kependudukan masyarakat.

"Seluruh jajaran Dinas Dukcapil Dairi pada saat ini sedang berbahagia karena pengantin yang melakukan pernikahan ini adalah salah satu staf kami. Biasanya Pangondian memproses dan menerbitkan dokumen-dokumen kependudukan, akan tetapi pada saat ini menerima akta perkawinan", ungkap Deddy.

Deddy juga berharap melalui kehadiran seluruh pejabat dan staf dalam acara dan penyerahan akta perkawinan tersebut dapat menambah kebahagiaan kedua mempelai.
Terlihat seluruh pejabat dan staf Dinas Dukcapil dalam acara penyerahkan dokumen tersebut.




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB