Delapan Warga Berkebutuhan Khusus di Kecamatan Silahi Sabungan terima Dokumen Kependudukan

23 Nov 2021     402

Sidikalang, (Dukcapil Dairi) - Delapan Warga Rentan Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Kecamatan Silahi Sabungan menerima dokumen kependudukan berupa Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el).

Dokumen tersebut diserahkan Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si kepada Kepala Puskesmas (Kapus) Silalahi Duma Ratnawati Pangaribuan, Str.Keb, MKM melalui drg. Rahmat Setiadi Nababan dan selanjutnya didistribusi drg. Rahmat Setiadi Nababan langsung kepada seluruh warga yang berdomisili di wilayah Kecamatan Silahi Sabungan.

Dalam keterangannya dari ruang kerjanya di Dinas Dukcapil Dairi Jalan Pandu Kelurahan Bintang Hulu Sidikalang, Selasa (23/11), Kadis menyebutkan penyerahan dokumen tersebut adalah bagian penemuhan hak - hak warga terkait identitas penduduk terutama kepemilikan KK dan KTP-el khususnya terhadap warga rentan adminduk.

"KK dan KTP-el adalah dokumen yang sangat penting bagi setiap orang sebagai identitas diri dalam mendapatkan layanan pemerintah khususnya terhadap warga yang masuk dalam kategori penduduk rentan adminduk untuk mendapatkan layanan pemerintah seperti kesehatan bahkan bantuan sosial", sebutnya.

Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) terus kami gaungkan kepada seluruh warga kita untuk mengurus sendiri dokumen kependudukan di Dinas Dukcapil, Kantor Camat se-Dairi dan Kantor Desa serta Kantor Kelurahan karena pelayanan Dukcapil semua sudah begitu dekat dan mudah.

Pelayanan kepada penduduk yang masuk dalam kelompok penduduk rentan adminduk seperti Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), penyandang disabilitas, lansia, tuna susila dan warga binaan permasyarakatan (narapidana) dilakukan pelayanan Jemput Bola atau Jempol langsung ke lokasi warga tersebut. Untuk mendapatkan pelayanan tersebut dapat di koordinasikan ke Dinas Dukcapil, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan UPT. Puskesmas se -Dairi untuk dijadwalkan mendapat pelayanan.

Sementara itu, Tenaga medis UPT. Puskesmas Silalahi drg. Rahmat Setiadi Nababan mengucapkan terimakasih kepada Dinas Dukcapil Dairi dalam menerbitkan seluruh dokumen kependudukan Warga Kecamatan Silahi Sabungan khususnya warga rentan adminduk.

"Salah satu syarat dalam mendapatkan layanan kesehatan di Puskesmas adalah memiliki KK dan KTP-el karena data-datanya akan dientri dalam aplikasi sehingga dokumen kependudukan ini menjadi syarat mutlak bagi setiap warga. Kami mengapresisi kerjasama Dinas Dukcapil melakukan pelayanan jemput bola terhadap warga yang berkebutuhan khusus ini. Semoga kedepan, kerjasama ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan", ujarnya dengan senyum bahagia sembari menyerahkan KTP-el kepada warga yang memiliki kebutuhan khusus.




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB