Dinas Dukcapil Provinsi Sumut Tinjau Pelayanan Dinas Dukcapil Dairi

22 Nov 2021     752

Sidikalang, (Dukcapil Dairi) - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si menerima kunjungan tim penilai perlombaan pelaksanaan registrasi penduduk Tahun 2021 Dinas Dukcapil Provinsi Sumatera Utara. Tim penilai Dinas Dukcapil Provsu tersebut langsung dipimpin oleh Sekretaris Dinas Dukcapil Provinsi Sumatera Utara Yanuarlin, SE, M.Si, Senin (22/11).

Dalam pertemuannya dengan tim seleksi dari Provinsi Sumatera Utara, Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si menjelaskan secara lugas inovasi dan terobosan yang dilakukannya dalam membenahi seluruh pelayanan sehingga pelayanan jauh lebih baik pada saat ini.

"Dinas Dukcapil telah banyak melakukan inovasi dan terobosan dalam memberikan pelayanan maksimal kepada Warga Dairi seperti telah tersedianya pelayanan adminduk online melalui aplikasi perkebbas, penguatan pelayanan di 15 kecamatan, kerjasama dengan seluruh 161 Desa dan 8 Kelurahan, kerjasama dengan RSUD Sidikalang dan 18 UPT. Puskemas se – Dairi, rumah-rumah ibadah. Semua ini dilakukan untuk menuntaskan seluruh dokumen kependudukan warga", ungkapnya.

Kami terus berupaya mendekatkan pelayanan kepada seluruh masyarakat sehingga tidak lagi terpusat pelayanan urusan dokumen kependudukan di Dinas Dukcapil di Sidikalang tetapi sudah tersedia di Kantor Camat, Kantor Desa, Kelurahan, RSUD dan Puskesmas se Dairi.

"Untuk urusan perekaman dan pencetakan KTP-el sudah dapat dilakukan di Kecamatan dan tahun ini akan tuntas seluruh kecamatan memiliki printer KTP-el. Dokumen pendaftaran penduduk seperti Kartu Keluarga, SKPWNI dan dokumen pencatatan sipil seperti Akta kelahiran, Akta Kematian, juga sudah dapat diajukan dari Desa dan Kelurahan dan hasilnya sudah dapat dicetak langsung di Kantor Desa dan Kelurahan. Tidak perlu lagi perangkat desa dan masyarakat datang ke Dinas Dukcapil, katanya.

Selain pelayanan statis, pelayanan jemput bola atau dikenal dengan Jempol juga diberikan kepada seluruh warga desa termasuk kepada warga yang masuk dalam kategori rentan penduduk. Kelompok rentan yang telah dilayani seperti Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), penyandang disabilitas, orang tua lanjut usia, tuna susila dan warga binaan permasyarakatan (narapidana).

Sementara itu Sekdis Dukcapil Provsu Yanuarlin, SE, M.Si menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya adalah untuk meninjau secara langsung pelayanan yang dilakukan Dinas Dukcapil Dairi kepada Warga Dairi.

"Pemerintah Provinsi Sumut melalui Dinas Dukcapil Provsu setiap tahunnya melaksanakan perlombaan pelaksanaan register penduduk untuk memacu dan memberikan semangat kepada seluruh Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota se -Sumut dalam memberikan pelayanan terbaik kepada warganya", jelasnya.

Berdasarkan pengamatan kami, Dinas Dukcapil Dairi saat ini sudah bertransformasi membenahi seluruh pelayanan yang ada. Pelayanan sudah jauh lebih cepat, lebih baik dan diharapkan kedepan menjadi daerah percontohan kepada daerah lain.

Seluruh pelayanan pengurusan dokumen kependudukan dapat dituntaskan dalam 1 hari. Waktu yang penerbitan dokumen yang cepat. Pelayanan seperti inilah yang diharapkan seluruh warga, cepat dan tepat, tidak perlu menunggu lama.

Setelah pertemuan, tim meninjau ruang pelayanan termasuk ruang back office sebagai tempat pemprosesan seluruh dokumen dan pertemuan diakhir dengan foto bersama di ruang layanan.
Terlihat pejabat Dinas Dukcapil yang ikut dalam pertemuan tersebut Sekdis Dukcapil Dairi Rayambong S. Sitohang, ST, MAP, Kabid PIAK Tonny Simon Malau, S.Kom. MAP, Kabid PDIP Hetty Nuriaty Pardede, SH




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB