Program Tuntas Dokumen Adminduk Warga Dairi Hadir di Desa Parbuluan II

24 Feb 2022     413

Parbuluan II-Untuk meningkatkan capaian kepemilikan dokumen kependudukan bagi seluruh Warga Dairi berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tahun 2019 – 2024, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi terus melakukan kunjungan keseluruh Desa/Kelurahan se – Dairi.

"Salah satu program tahun ini adalah berkolaborasi dengan seluruh Desa/Kelurahan se – Dairi untuk menuntaskan seluruh dokumen warga. Adapun kegiatannya adalah turun ke rumah-rumah warga untuk melakukan pendataan dan pengecekan dokumen adminduk yang belum lengkap dan pengumpulan seluruh berkas-berkas pendukung sebagai persyaratan untuk mengajukan permohonan dokumen kependudukan," kata Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si dalam kegiatan sosialisasi penuntasan adminduk di Desa Parbuluan II Kecamatan Parbuluan, Kamis (24/02).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa (Kades) Parbuluan II Marihot Sitohang, Sekretaris Desa Tiomasi Sinaga, Perangkat dan Kepala Dusun Desa Parbuluan II. Sedangkan rombongan dari Dinas Dukcapil Dairi Pejabat Fungsional Nurdingse Simbolon, Jenta Sinaga, Rosline Munte, Listra Sumihar Pasaribu, SEdan Tigor Effedy Sitorus, S.Kom .

Kadis Dukcapil juga menambahkan, saat ini Dinas Dukcapil terus berbenah memperbaiki seluruh layanan urusan dokumen kependudukan untuk lebih baik lagi agar seluruh warga yang mendapat pelayanan lebih maksimal lagi.

"Kolaborasi Dinas Dukcapil Dairi dengan seluruh Pemerintah Desa se – Dairi menjadi solusi untuk menuntaskan seluruh dokumen warga. Selama ini warga yang datang ke Dinas Dukcapil mengurus dokumen kependudukan berdasarkan kebutuhan bukan atas kesadaran untuk melengkapi seluruh dokumen adminduk. Oleh karena itu, melalui program ini, kami berharap seluruh perangkat desa untuk kembali mendata dan mengecek langsung kerumah-rumah warga yang belum lengkap dokumen adminduknya," tuturnya.

Dia juga meminta kepada Kades Parbuluan II untuk memanfaatkan aplikasi perkebbas sebagai sarana menghadirkan pelayanan urusan adminduk di kantor desa sebagai upaya lebih mendekatkan pelayanan ditengah-tengah masyarakat.
"Aplikasi perkebbas adalah pelayanan adminitrasi kependudukan berbasis online yang dibangun untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada seluruh warga. Aplikasi ini telah di luncurkan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu pada HUT Kabupaten Dairi ke 73 pada tahun 2020 yang lalu. Aplikasi ini telah dipergunakan dibeberapa Desa dan Kelurahan, termasuk RSUD Sidikalang, 18 Puskesmas, 15 KUA dan instansi lainnya," paparnya dihadapan seluruh Perangkat Desa Parbuluan II.

Sementara itu, Kades Parbuluan II Marihot Sitohang dalam sambutannya, mengaku gembira atas kehadiran Dinas Dukcapil dalam membantu menuntaskan seluruh dokumen adminduk warganya.
"Dikesempatan yang baik ini, Kami dari Pemerintah Desa Parbuluan II mengucapkan terimakasih atas kehadiran Dinas Dukcapil Dairi yang akan memberikan solusi untuk menyelesaikan seluruh dokumen kependudukan warga yang belum tuntas. Oleh karena itu, diminta kepada perangkat desa dan Kadus untuk serius mengikuti kegiatan sosialisasi ini," kata Marihot Sitohang.

Sebelum kegiatan berakhir, acara dilanjutkan memberikan penjelasan mengisi formulir persyaratan sebagai kelengkapan untuk mengajukan permohonan. Selanjutnya, seluruh peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut foto bersama di depan Kantor Desa Parbuluan II.




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB