Tuntas Dokumen Adminduk, Kadis Dukcapil Dairi Kolaborasi Dengan Kades Sigambir-Gambir

18 Jan 2022     284

Sidikalang-Program penuntasan kepemilikan dokumen kependudukan bagi seluruh Warga Dairi menjadi salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten Dairi dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Dairi Tahun 2019-2024.

"Dokumen RPJMD tersebut menjadi acuan kami untuk menuntaskan seluruh kepemilikan dokumen kependudukan seluruh warga. Ini menjadi tanggungjawab kami yang dalam pelaksanaannya sehingga perlu peran serta dari seluruh stakeholder seperti kerjasama dengan Pemerintah Desa," ungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si kepada Kepala Desa Sigambir-Gambir Kec. Siempat Nempu Hulu Lesni Purba didampingi Sudarto Manullang dari ruang kerjanya, Kamis (13/01).

Lebih lanjut Dia mengatakan bahwa untuk dapat mengejar capaian target tersebut, pelayanan Dinas Dukcapil Dairi tahun 2022 ini terus dibenahi dan dimaksimalkan seperti perbaikan ruang pelayanan berupa peningkatan standar pelayanan dan fasilitasnya. Selain itu pelayanan jemput bola (Jempol) yang selama dilaksanakan ke Desa-Desa akan lebih dimaksimalkan lagi dengan model yang berbeda.
 
"Pelayanan Jempol Dinas Dukcapil tahun ini lebih dioptimalkan melalui kolaborasi dengan Desa/Kelurahan se-Dairi. Kami meminta seluruh Pemerintahan Desa mengerahkan seluruh perangkat desa dan kepala dusun (Kadus) untuk terjun langsung mendata seluruh warganya yang belum memiliki dokumen kependudukan. Melalui program ini, pencapaian kepemilikan dokumen kependudukan bagi seluruh warga dapat diwujudkan," tuturnya.

Dinas Dukcapil akan menyediakan data penduduk Desa yang belum lengkap akta pencatatan sipilnya seperti akta kelahiran, akta perkawinan termasuk akta kematiannya termasuk juga data warga seperti data ganda, data warga belum perekaman dan lainnya. Melalui program ini, kami dapat lebih cepat menuntaskan seluruh dokumen kependudukan warga.

Sementara itu, Kepala Desa Sigambir-gambir Lesni Purba menyambut gembira program dinas dukcapil yang akan dilaksanakan di Desanya sebagai upaya untuk melengkapi seluruh dokumen warganya.
"Sebagai kepala desa yang baru, kami sambut baik program ini karena dokumen kependudukan menjadi dasar dalam segala urusan sehingga kedepan tidak ada lagi warga tidak lengkap dokumen kependudukan. Melalui data yang diberikan Dinas Dukcapil akan verifikasi keseluruh warga kami satu persatu agar benar-benar seluruh warga tuntas dokumen adminduk,"ujarnya dengan senyum.

Sebelum meninggalkan Dinas Dukcapil, Kadis Dukcapil Dairi didampingi pejabat fungsional Dinas Dukcapil Rosline Munte, Nurfaridah Gajah, SS, Listra Sumihar Pasaribu, SE, Jenta Sinaga, Marlinawati Saragih foto
 bersama dengan Kepala Desa Sigambir-gambir Lesni Purba didampingi Sudarto Manullang di depan ruang layanan.

Berita ini juga dapat dibaca di: https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=259902492923521&id=100067113165768?





PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB