Bupati Dairi Bagikan Dokumen Kependudukan Warga Desa Pasir Tengah

08 Mar 2022     411

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu melakukan kunjungan kerjanya (kunker) ke Desa Pasir Tengah Kecamatan Tanah Pinem, Selasa (08/03).

Terlihat beberapa pimpinan OPD ikut dalam kegiatan kunker Bupati Dairi didampingi seperti Kadis Pertanian Robot Simanullang, Kadis pendidikan Fatimah Boangmanalu, Kadis Kesehatan dr. Henry Manik, Kadis P3AP2KB dr. Nitawati Sitohang, Kadis Dukcapil Deddy Situmorang, SE, M,Si.
Dalam sambutannya, Bupati Dairi mengatakan kedatangannya ke Desa Pasir Tengah ini adalah untuk bertemu dan menyapa seluruh warga serta sekaligus mendengar keluhan masyarakat.
"Saya bersama dengan beberapa Kepala Dinas datang ke Desa kita ini meninjau rencana pembangunan fisik terutama rencana pembangunan jalan agar transportasi mengangkut hasil-hasil pertanian dapat berjalan dengan lancar sehingga pendapatan masyarakat juga dapat meningkat. Jadi dikesempatan ini, tahun ini jalan lintas antar desa ini akan di aspal hotmix," tuturnya yang disambut dengan riuh tepuk tangan dari seluruh Warga Pasir Tengah.

Dia juga menambahkan, selain pembangunan dan perbaikan sarana prasarana infrastruktur, kepemilikan dan kelengkapan dokumen kependudukan juga penting. Seluruh penduduk harus memiliki identitas diri yang jelas dan valid sehingga mudah untuk mendapatkan layanan pemerintah.
"Sejenak tadi saya berbincang-bincang dengan salah satu warga yang menerima pelayanan dari Dinas Dukcapil. Dikatakannya bahwa selama ini dia tidak memiliki identitas, akan tetapi melalui program pelayanan Jemput Bola yang dilakukan saat ini, dia telah memiliki dokumen kependudukan," jelas Bupati kepada warga akan pentingnya dokumen adminduk.
Lebih lanjut, Bupati Dairi juga menyampaikan setiap warga negara wajib yang telah memiliki dokumen kependudukan yang jelas akan lebih mudah memperoleh layanan dan memenuhi segala keperluan dan kebutuhannya seperti menerima vaksinasi, bantuan sosial, BPJS, mendaftar anak sekolah dan sebagainya. Jadi Dokumen kependudukan ini harus benar-benar diselesaikan untuk dituntaskan kepemilikannya.

Sementara itu, Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si dari lokasi pertemuan menjelaskan bahwa kehadiran Dinasnya dalam kegiatan kunker Bupati Dairi adalah menjalankan program Dairi Unggul khususnya dalam menyelesaikan seluruh permasalahan dokumen warga.
"Hari ini pelayanan kami hadir di Desa Pasir Tengah, dimana sebelum hadir di Desa Pamah. Kami berharap melalui pelayanan ini, seluruh kendala dan permasalahan warga terkait dokumen adminduk dapat kami tuntaskan. Pelayanan pengurusan dokumen adminduk yang kami berikan sangat lengkap mulai dari perekaman dan pencetakan KTP-el, pengurusan dan pencetakan akta kelahiran, akta perkawinan, akta kematian, dan dokumen lainnya," kata Kadis Dukcapil.

Terlihat Kepala Desa Pasir Tengah Semangat Ginting, Sekdes Demon Sitepu, Kasi Pemerintahan Lilies S. Perangin-angin, perangkat desa dan seluruh Kepala Dusunnya.
Sebelum meninggalkan tempat pertemuan, Bupati Dairi didampingi Kadis Dukcapil Dairi menyerahkan secara simbolis dokumen kependudukan kepada warga Desa Pasir Tengah, seperti Kartu Keluarga (KK) kepada Pokok br Karo, Akta Perkawinan kepada pasangan suami – isteri Rikwan Maha dan Harta Ulina br Ginting, Akta lahir kepada Rikwan Maha dan Hafiz Maulana Angkat, akta kematian kepada keluarga Ngontar Ginting dan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada Diego Haganta Padang dan Kanaya br Maha.
Hasil yang diperoleh dalam pelayanan yang dilaksanakan, KK sebanyak 27 dokumen, KTP sebanyak 19 keping, KIA sebanyak 30 keping, Akta Kelahiran sebanyak 36 akta, akta kawin sebanyak 10 akta, akta kematian sebanyak 1 akta.

Berita ini juga dapat dibaca di: https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=290065136573923&id=100067113165768?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB