Desa Pasir Tengah Dukung Wujudkan Dairi Unggul Melalui Penuntasan Dokumen Adminduk

09 Mar 2022     440

Untuk mendukung terwujudnya Dairi Unggul khususnya dalam memberikan pelayanan prima dan berkualitas melalui penyelesaian atau penuntasan seluruh dokumen kependudukan seluruh Warga Dairi menjadi program prioritas Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu.
Program dan kegiatan ini terus dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan melalui kegiatan sosialisasi ke Desa – Desa se – Kabupaten Dairi sehingga seluruh perangkat desa dan kepala dusun dapat melakukan pelayanan jemput bola langsung kerumah – rumah warga.

Demikian paparan Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si dihadapan Kepala Desa (Kades) Pasir Tengah Semangat Ginting yang diwakili Kasi Pemerintah Lilis S Perangin-angin bersama seluruh perangkat desa dan kepala dusun, Los Desa Pasir Tengah, Selasa (08/03).
"Kami sangat mengapresiasi pelayanan dukcapil sudah dapat melayani warga melalui pelayanan dukcapil online, aplikasi perkebbas. Melalui aplikasi ini, semua lebih mudah dan praktis karena melihat kondisi jarak antara Dinas Dukcapil atau Kantor Camat sangat jauh dari Desa ini. Semoga layanan ini terus dipertahankan dan ditingkatkan," tuturnya.

Bentuk Kegiatan Program tuntas adminduk yang akan dilaksanakan adalah program pelayanan jemput bola ke rumah-rumah penduduk atau dikenal pelayanan adminduk door to door melalui pendataan dan pengecekkan seluruh dokumen kependudukan ke rumah-rumah warga. Kita tidak lagi menunggu warga datang ke Kantor Desa akan tetapi melalui Kepala Dusun, langsung mengunjungi seluruh rumah-rumah warga.
"Selama ini warga hanya mengurus dokumen kependudukan ketika ada kebutuhannya. Akan tetapi melalui program kita ini, dokumen adminduk warga kita lengkapi seluruhnya, baik perubahan Kartu Keluarga (KK) karena perubahan domisili, pendidikan, pekerjaan dan lainnya. Selain itu, Akta Kelahiran, akta perkawinan, akta kematian dan dokumen lainnya, kita berikan pelayanan cepat dan mudah untuk memenuhi hak-hak konstitusionalnya seluruh Warga Desa Pasir Tengah" jelasnya dihadapan seluruh peserta yang hadir di los Desa Pasir tengah yang disambut dengan tepuk tangan.

Sementara itu, Kades Pasir Tengah Semangat Ginting yang diwakili Kasi Pemerintah Lilis S Perangin-angin mengucapkan terimakasih atas terobosan dan inovasi yang disediakan Pemerintah Kabupaten Dairi dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu yang memberikan kemudahan dalam pelayanan urusan dokumen kependudukan melalui aplikasi perkebbas.
"Semenjak adanya layanan aplikasi perkebbas ini, seluruh kebutuhan warga akan dokumen kependudukan sangat mudah dan cepat. Kami tidak perlu lagi datang ke Dinas Dukcapil Dairi yang berada di Sidikalang, cukup melalui perkebbas, seluruh dokumen dapat kami terbitkan. Terkait untuk rekaman KTP-el, dapat dilakukan di Kantor Camat Tanah Pinem. Semua begitu dekat dan benar-benar dirasakan seluruh Warga Pasir Tengah perubahan pelayanan dari Dinas Dukcapil," tutur Lilis S Perangin-angin dengan senyum bahagia.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, terlihat seluruh pejabat fungsional Dinas Dukcapil Dairi secara bergantian memberikan penjelasan secara mendetail persyaratan dokumen kependudukan yang perlu dilengkapi kepada seluruh peserta sosialisasi yang hadir. Pejabat fungsional yang ikut dalam kegiatan tersebut Nurdingse Simbolon, Listra Sumihar pasaribu, SE, Jenta Sinaga, Marlinawati Saragih, Rosline Munte.

Berita ini juga dapat dibaca di: https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=290115903235513&id=100067113165768?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB