Dinas Dukcapil Dairi Hadirkan Program Tuntas Adminduk di Desa Silalahi I dan Desa Silalahi III

31 Mar 2022     440

Silahi Sabungan-Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi terus bergerak dan berinovasi mewujudkan Dairi Unggul melalui program penuntasan dokumen kependudukan. Program ini terus dilakukan melalui peningkatan pelayanan secara tatap muka atau offline di Dinas Dukcapil, penyediaan layanan online melalui aplikasi perkebbas dan menjalin kerjasama dengan seluruh Pemerintah Desa untuk menyediakan layanan urusan dokumen kependudukan di kantor-kantor desa.

Demikian disampaikan Kadis Dukcapil Deddy Situmorang, SE, M.Si dalam paparannya dihadapan Kepala Desa (Kades), Sekdes, Perangkat Desa dan Kepala Dusun (Kadus) di Desa Silalahi III dan Desa Silalahi I di masing-masing kantor desa yang berbeda, Kecamatan Silahi Sabungan, Rabu (30/03).
"Untuk mewujudkan Dairi Unggul, target Dinas Dukcapil Dairi adalah menuntaskan seluruh dokumen warga dairi dengan tercapainya cakupan kepemilikan dokumen kependudukan warga seratus persen. Visi ini dapat diwujudkan melalui berbagai program seperti mengandeng Desa se-Dairi untuk melayani seluruh masyarakat terkait kebutuhan dokumen kependudukan," jelas Kadis.

Secara umum, masyarakat mengurus dokumen kependudukan karena keperluan dan kebutuhan untuk urusan seperti mendapatkan bantuan sosial, pelayanan kesehatan, mendaftarkan anak kesekolah, mengurus BPJS dan sebagainya. Berdasarkan data Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK), masih banyak warga memiliki NIK yang duplikat, belum melakukan rekam KTP, belum memiliki akta kelahiran dan akta perkawinan.
"Berdasarkan data tersebut, program tuntas adminduk dilaksanakan melalui kegiatan pendataan dan pengecekan dokumen yang belum lengkap kerumah ke rumah wargat atau door to door dan selanjutnya mengumpulkan berkas – berkas yang diperlukan untuk pengusulan dokumen kependudukan yang diperlukan seperti pengurusan perubahan Kartu Keluarga (KK), pembuatan akta perkawinan, akta lahir, akta kematian dan dokumen lainnya yang diperlukan warga," ucapnya dihadapan seluruh aparat desa.

Sementara itu, Kades Silalahi III Ardonius Sidebang mengucapkan terimakasih atas kehadiran Dinas Dukcapil Dairi untuk membantu seluruh perangkatnya menyelesaikan seluruh dokumen kependudukan warganya.
"Pertemuan hari ini sangat bermakna karena kehadiran Dinas Dukcapil sangat kami nanti untuk membantu kami dalam melengkapi seluruh dokumen warga. Salah satu permasalahan yang ada didesa ini adalah, ada warga telah lama berdomisili di desa ini tetapi tidak membawa surat pindah dari daerah asal sehingga warga ini sulit untuk mendapatkan hak-haknya sebagai Warga Negara Indonesia," ujar Kades Silalahi I.
Dia juga menambahkan, Desa Silalahi I siap mendukung mewujudkan Dairi Unggul melalui program tuntas adminduk di Desanya dengan mengerahkan seluruh perangkat desa dan kepala dusun melaksanakan pelayanan door to door dan menjalankan aplikasi perkebbas di Kantor Desa untuk menyediakan layanan dokumen kependudukan di kantor Desa Silalahi I.
Setelah paparannya, acara dilanjutkan penjelasan pengisian formulir permohonan yang disampaikan Pejabat Fungsional Dinas Dukcapil dihadapan seluruh peserta yang hadir dan diakhiri foto bersama didepan Kantor Desa.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=303055055274931&id=100067113165768?





PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB